Menu

4 Cara Sederhana yang Efektif Cegah Kanker Kulit, Jangan di Skip Beauty!

24 Desember 2021 11:15 WIB

Ilustrasi mencegah kanker kulit dengan menggunakan tabir surya dan topi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang memiliki tingkat kesembuhan cukup rendah. Maka dari itu sangat penting untuk mencegahnya sedini mungkin. 

Meski mematikan, kanker kulit tetap bisa dicegah dengan cara yang terbilang sederhana. Seperti kita tahu, penyebab kanker kulit yang mudah untuk menyerang adalah paparan sinar matahari. 

Dengan begitu melindungi kulit dari sinar matahari merupakan hal yang sangat penting, meski matahari juga memiliki manfaat vitamin D. Namun, jika paparan yang diterima pada waktu dan durasi yang tak tepat justru bisa memicu masalah kesehatan salah satunya kanker kulit

Berikut ini 4 cara sederhana yang dipercaya efektif untuk mencegah kanker kulit seperti dikutip dari berbagai sumber (24/12/2021), karena ini penting jadi jangan di skip ya Beauty! 

1. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Selagi Beauty masih melihat dan merasakan sinar matahari baik itu hanya berdiam di rumah tetap saja perlu untuk menggunakan tabir surya.

Sebab radiasi sinar matahari diantaranya bisa menyebabkan kulit terbakar dan mempercepat proses penuaan dini yang berakibat fatal jika paparannya terlalu tinggi. Sehingga dibutuhkan pelindung untuk menghalangi penyerapan radiasi ke dalam kulit dengan menggunakan tabir surya seperti sunscreen atau sunblock

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Walaupun sudah menggunakan tabir surya, di waktu tertentu sekitaran jam 10 - 4 sore lebih baik hindari paparannya sebab di waktu tersebut radiasi UV sedang tinggi-tingginya. 

3. Hindari Tanning

Kegiatan ini merupakan cara untuk menggelapkan kulit. Sayangnya hal tersebut bisa memicu kanker kulit karena radiasi UV bisa membahayakan kesehatan kulit seperti mempercepat proses penuaan dini. 

4. Memakai Pakaian yang Menutup Kulit

Guna meminimalisir radiasi sinar matahari, cara sederhana terakhir yang bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian yang menutupi kulit. Misalnya, memakai pakaian lengan dan celana panjang, topi juga kacamata hitam. 

Beauty juga bisa menggunakan pakaian yang sudah dikhususkan untuk mencegah radiasi sinar matahari yang memiliki label ultraviolet protection factor

Hal yang paling penting untuk mencegah kanker kulit sendiri adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan kulit ke dokter spesialis kulit ya, Beauty!

Artikel Pilihan