Menu

Penting! Kenali Sederet Bahaya dan Manfaat Kangkung Bagi Ibu Hamil

27 Desember 2021 21:45 WIB

Tumis kangkung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Sangat penting tentunya untuk mencukupi asupan nutrisi bagi ibu hamil. Dengan begitu perlu lebih diperhatikan lagi makanan yang baik dikonsumsi agak tak membahayakan kondisi ibu dan janin. 

Salah satu makanan yang harus diperhatikan jumlah konsumsinya adalah kangkung. Pasalnya kangkung mengandung asam oksalat yang dapat menganggu proses penyerapan kalsium. 

Mengingat kalsium sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan baik untuk tumbuh kembang kesehatan janin. 

Kendati begitu bukan berarti Moms enggak bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini. Melansir dari Being the Parent, porsi yang cocok untuk ibu hamil mengonsumsi kangkung sekitar 45 gram setelah dimasak. Tujuannya agar tak mengganggu proses penyerapan kalsium.

Lantaran kangkung juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti serat, protein, vitamin A dan C, kalsium, zat besi, asam folat dan zinc

Menilik pada nutrisi yang terkandung pada kangkung tersebut, berikut ini manfaat kangkung bagi ibu hamil dan janin yang sayang untuk dilewatkan seperti dikutip dari berbagai sumber (27/12/2021). 

1. Mencegah Kelahiran Prematur

Kangkung mengandung asam folat yang dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur serta mencegah keguguran. 

2. Baik untuk Perkembangan Paru-paru Janin

Jika dikonsumsi sewajarnya, beta karoten yang terkandung pada kangkung dipercayai mampu untuk membantu perkembangan paru-paru janin juga menambahkan berat badan. 

3. Mengatasi Sembelit

Masalah yang kerap dialami ibu hamil adalah sembelit. Nah, Moms bisa mengatasi sembelit dengan mengonsumsi kangkung karena mengandung serat. 

4. Meredakan Nyeri

Selain sembelit ada juga masalah kehamilan lain yang dirasakan ibu hamil yakni nyeri dan pegal. Rupanya kandungan glikolipid pada kangkung dapat mengatasi nyeri dan pegal karena berfungsi sebagai antiinflamasi.