Menu

5 Cara Sederhana Menstimulasi Anak yang Telat Bicara, Catat Ya Moms!

29 Desember 2021 09:15 WIB

Ilustrasi ibu menstimulasi anaknya yang telat bicara. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Sukabumi —

Tumbuh kembang setiap anak memang berbeda tapi Moms tetap harus memperhatikan perkembangan anak salah satunya perihal berbicara. 

Anak telat bicara memang salah satu perkembangan yang umum terjadi dan bersifat sementara. Kendati begitu Moms enggak bisa menganggapnya sepele sebab pada beberapa kasus, anak telat bicara bisa menjadi pertanda gangguan pendengaran dan perkembangan anak. 

Menstimulasi anak yang telat bicara juga bisa Moms lakukan di rumah sebelum membawanya ke ahli terapis jika cara sederhana yang sudah Moms lakukan belum memberikan perkembangan apapun. 

Berikut ini 5 cara sederhana menstimulasi anak yang bisa Moms coba seperti dikutip dari berbagai sumber (29/12/2021)

1. Mengikut Semua Ucapannya

Meskipun perkataan yang terucap dari mulutnya masih belum jelas dan mengerti apa yang dimaksudkannya, dengan mengikuti ucapannya yang Moms tangkap dapat membuat anak merasa sedang berbicara dengan Moms. Ia pun nantinya akan mulai terbiasa untuk meniru kata-kata dan nada bicara Moms. 

2. Gunakan Tutur Kata yang Jelas 

Menggunakan tutur kata yang jelas dan padat dapat membantu anak mudah mengerti terkait makna kata yang ia terima juga ia kenali. Ketika ada kata yang pelafalannya kurang tepat, Moms segera bantu ia untuk memperbaikinya ya. 

3. Mengajari Irama atau Lagu Sederhana

Moms bisa menciptakan irama sederhana atau lagu kesukaannya untuk membantu menstimulasi agar ia mau berbicara. Disini Moms harus aktif bergerak dan ekspresif. 

4. Mengenali Keluarga 

Cara sederhana lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan memintanya untuk mengenali anggota keluarga misalnya melalui album foto. 

5. Selalu Mengapresiasi Anak

Setiap perkembangan sekecil apapun jangan lupa untuk selalu memujinya ya, Moms. Dengan begitu bisa mendorong anak untuk lebih bersemangat lagi untuk berproses. Sebab anak-anak belajar berbicara dari reaksi orang di sekitarnya. 

6. Bersabar

Moms perlu diingat bahwa tak ada proses yang berlangsung dengan cepat. Setelah melakukan berbagai upaya, Moms tetap perlu untuk bersabar. Beri anak kesempatan untuk menanggapi dengan cara bijaksana. 

Kunci menstimulasi anak yang telat berbicara sejatinya dengan banyak berkomunikasi baik itu verbal maupun non verbal. Pastikan Moms selalu memberikannya pujian dan kasih sayang.