Menu

5 Cemilan Biang Kerok yang Bikin Jerawat Gak Kunjung Hilang!

29 Desember 2021 13:35 WIB

Ilustrasi acne fighter. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memiliki muka yang penuh dengan jerawat tentu bisa jadi hal yang sangat mengganggu untuk beberapa orang. Pasalnya, bukan hanya sakit dan kulit menjadi merah, tapi juga bisa menurunkan tingkap percaya dirimu lho.

Perawatan untuk kulit berjerawat juga harus ekstra hati-hati karena takut salah jalan dan malah semakin bertambah serius. Nah ternyata, wajah berjerawat bukan hanya harus di rawat menggunakan skincare saja lho. Bisa dari faktor makanan juga!

Di bawah ini ada 5 camilan penyebab kulit berjerawat yang bisa kamu hindari, seperti dirangkum dari hellosehat dan sehatq.

1. Cokelat

Cokelat merupakan sasaran utama dalam menyebabkan kulit berjerawat. Padahal, hingga saat ini belum ada studi yang membuktikan jika camilan ini dapat memicu pertumbuhan masalah tersebut.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa cokelat hanya meningkatkan jumlah jerawat dan membuatnya semakin parah. Pasalnya, protein interleukin dapat terlepas hingga merangsang bakteri P. acnes menginfeksi kulit.

Untuk itu, saat sedang berjerawat, tak dianjurkan menyantap cokelat terlalu sering. Dikhawatirkan kondisinya semakin buruk dan menjadi lebih lama diatasi.

2. Produk Olahan Susu

Menurut beberapa penelitian, produk olahan susu cenderung menimbulkan pertumbuhan jerawat dibanding jenisnya yang murni. Hal ini dikarenakan kandungan gula tinggi yang terdapat di dalamnya.

Produk olahan susu dapat meningkatkan hormon insulin yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Beberapa diantaranya adalah yoghurt, es krim, serta susu rendah lemak yang kaya akan gula.

Kadar insulin yang tinggi nyatanya akan memicu reaksi pertambahan jumlah sebum. Dengan begitu, kulitmu menjadi rentan berjerawat.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji meliputi burger atau kentang goreng mengandung gula, garam, serta lemak jenuh yang tinggi. Selain kurang baik bagi kesehatan, pengonsumsiannya juga berisiko memproduksi jerawat pada kulit.

Oleh karena itu, usahakan tak terlalu sering menyantap makanan cepat saji. Jangan sampai tergoda dengan aroma dan rasanya yang lezat, hingga membuatmu melupakan kesehatan tubuh, termasuk kulit.

4. Minuman Kemasan

Minuman kemasan juga begitu diminati karena mudah ditemukan dan memiliki rasa yang nagih. Namun, produk satu ini nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada kulit.

Minuman kemasan dengan karbohidrat olahan dan gula rentan memiliki glikemik. Indeksnya yang tinggi ini seringkali memicu tubuh menghasilkan lebih banyak insulin serta mempercepat peningkatan kadar gula darah.

Jika hal tersebut terjadi, kadar hormon lainnya akan ikut terangsang dan mungkin produksi minyak pada kulit juga dapat meningkat. Nah, jumlahnya yang berlebihan ini bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat.

5. Gorengan

Berbagai macam gorengan diketahui mengandung lemak trans atau jenuh tinggi. Jika dikonsumsi terlalu sering, nyatanya dapat menimbulkan serta memperburuk peradangan pada kulit, seperti jerawat.

Makanan yang kaya akan lemak jenuh seperti gorengan ini juga seringkali dikaitkan dengan peningkatan insulin. Hormon ini berperan dalam memproduksi jerawat pada kulitmu.

Itulah lima kudapan yang dapat memicu pertumbuhan jerawat pada kulit. Adakah salah satunya yang sering kamu konsumsi setiap hari?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan