Menu

5 Makanan yang Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal, Wajib Dicatat Nih Moms

29 Desember 2021 11:30 WIB

Ilustrasi makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Penderita penyakit ginjal enggak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan terdapat makanan dan minuman tertentu yang bisa menyebabkan ginjal semakin memburuk. 

Namun tetap ada beberapa makanan yang sangat baik dan direkomendasikan bagi penderita penyakit ginjal karena mampu untuk menangani dan mencegah penyakit ginjal semakin parah. 

Sebagaimana yang ditulis dr. Alvin Nursalim, SpPD pada laman klikdokter.com (29/12/2021), berikut ini 5 makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal, catat ya Moms!

1. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 karena dapat mengurangi kadar lemak jahat sehingga mampu mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah yang turun inilah mampu untuk menjaga kesehatan ginjal. 

2. Dada Ayam 

Mengurangi asupan protein merupakan hal yang sangat penting bagi penderita ginjal. Nah, agar kebutuhan protein tetap tercukupi Moms bisa menambahkan dada ayam tanpa kulit karena kandungan fosfor, kalium, dan natrium yang cenderung rendah. 

3. Blueberry

Antosianin sebagai antioksidan dari blueberry mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit salah satunya ginjal karena rendah sodium, fosfor dan kalium. 

4. Anggur

Serupa dengan blueberry, anggur mengandung banyak nutrisi baik untuk mengurangi peradangan seperti vitamin C dan antioksidan flavonoid. Sehingga buah ini menjadi salah satu makanan yang ramah bagi kesehatan ginjal. 

5. Apel

Menurut studi oleh Journal of American Society Nephrology, apel termasuk buah yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Dalam penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa apel mampu menurunkan risiko batu ginjal