Menu

Ngeri Abis! 7 Makanan dan Minuman Ini Bisa Membahayakan Pernapasan

29 Desember 2021 12:09 WIB

Ilustrasi makanan dan minuman yang bisa membahayakan pernapasan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Menjaga kesehatan paru-paru merupakan sebuah keharusan karena sangat erat kaitannya untuk bertahan hidup. Maka dari itu sangat penting untuk menghindari makanan yang kurang baik untuk pernapasan. 

Bernapas merupakan proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksia dari paru-paru. Kemudian oksigen tersebut akan dialirkan melalui pembuluh darah dan salurkan ke seluruh tubuh.  Tujuannya untuk membantu fungsi tubuh bekerja dengan baik. 

Nah, ternyata terdapat sederet makanan dan minuman yang berbahaya bagi pernapasan lho, Beauty. Apa saja? Yuk simak 7 diantaranya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber (29/12/2021)

1. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana yang sering dijumpai adalah tepung putih sebab jenis karbohidrat ini dapat memicu inflamasi dan membuat paru-paru bekerja lebih berat untuk dimetabolisme. 

Selain itu, diet tinggi karbohidrat juga kurang baik bagi kesehatan paru-paru karena akan menyebabkan produksi karbondioksida berlebih yang tentunya sangat tak baik bagi kesehatan paru sehingga berbahaya juga bagi pernapasan. 

2. Seafood

Seafood seperti kerang, tiram, kepiting, lobster, udang dan lain sebagainya bisa menyebabkan alergi dan memicu pernapasan menjadi terganggu bagi sebagian orang. Jika alergi tersebut telat dalam penanganan akan sangat membahayakan terhadap nyawa seseorang. 

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang lezat dan praktis. Sayangnya jenis makanan ini mengandung lemak dan garam tinggi yang bisa mengganggu pernasapan. Seperti makanan yang digoreng bisa membuat cepat kembung sehingga diafragma menjadi tertekan dan menyulitkan untuk bernapas. 

Sedangkan kandungan garam tinggi dalam tubuh bisa mempengaruhi menahan air dalam tubuh yang berakibat kesulitan untuk bernapas. 

4. Daging Olahan

Daging olahan juga memiliki dampak buruk bagi seseorang yang memiliki kondisi pernapasan kronis karena mengandung pengawet berupa nitrat. 

5. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini dapat memicu kembung dan tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan sesak napas akibat tekanan pada diafragma. 

6. Es Krim

Sebagian besar orang tentunya menyukai es krim karena rasanya yang manis, segar dan sensasi dinginnya apabila dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Namun, produk susu rupanya bisa memicu peningkatan produksi lendir terutama di saluran pernapasan.

Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebih bisa memicu hidung tersumbat akibat lendir berlebih dan berdampak langsung pada terganggunya sistem pernapasan. 

7. Alkohol dan Minuman Bersoda

Alkohol apapun bentuknya bisa memicu peradangan dan minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan gas dalam tubuh sehingga bisa membuat perut menjadi kembung. 

Perut yang kembung dapat memberikan tekanan pada paru-paru yang akhirnya berujung pada sesak napas sampai asma. Terlebih jenis minuman ini juga bisa memicu dehidrasi yang tentunya kurang baik bagi kesehatan paru-paru. 

Artikel Pilihan