Menu

Viral karena Kinan Layangan Putus, Simak 6 Fakta Menarik Cappadocia yang Menjadi Impian Para Wanita

29 Desember 2021 13:45 WIB

Seorang wanita yang sedang menikmati Cappadocia. (Freepik/tawatchai07)

HerStory, Sukabumi —

Cappadocia, Turki seketika menjadi sorotan destinasi wisata yang ingin dikunjungi masyarakat Indonesia khususnya wanita setelah melejit melalui serial Layangan Putus yang diperankan oleh Putri Marino dan Reza Rahardian. 

"MashaAllah cantik banget monangis. grgr kinan, gue jd pgn ke cappadocia," tulis Zara. seperti dikutip dari akun media sosial twitternya @del1fieycious (29/12/2021) 

Kinan, dalam serial Layangan Putus memiliki impian untuk bisa mengunjungi Cappadocia, Turki. Namun tragis sang suami Aris yang diperankan Reza Rahardian justru malah memboyong selingkuhannya, bukan istri sahnya, Kinan. 

Bahkan ucapan Kinan yang begitu emosional sangat melekat dibayang para penontonnya, "Terus kamu bawa dia ke Cappadocia, it's my dream, not her! My dream, mas!"

Namun hal apa yang begitu menarik Kinan sampai mengidamkan Cappadocia sebagai mimpinya? Melansir dari berbagai sumber (29/12/2021), yuk simak 6 fakta menarik tentang Cappadocia yang harus kamu ketahui.

1. Asal Nama Cappadocia

Cappadocia, berasal dari kata Persia “Katpatuka”, yang berarti negeri kuda yang indah. 

Sampai saat ini para penduduknya masih menghargai kuda, yang terkadang menjadi salah satu moda transportasi alternatif kepada pengunjung.

2. Wisata Balon Udara

Cappadocia berhasil memikat 3,8 juta wisatawan asing pada tahun 2019 karena memiliki wisata balon udara yang indah, formasi batuannya yang khas dan warisan sejarahnya. 

3. Sederet Warisan Dunia yang Tak Duniawi

Pada tahun 1985 UNESCO menobatkan Taman Nasional Goreme, Situs Batu Cappadocia, Kota Bawah Tanah Derinkuyu, Kota Bawah Tanah Kaymakli, Gereja Karlik, Gereja Theodore, Karain Columbaria, dan Situs Arkeologi Soanl sebagai situs warisan dunia.

Oleh karena itu, para wisatawan dibuat jatuh hati pada Cappadocia karena misteri sejarah dan daya tariknya yang tak duniawi. 

4. Cerobong Peri

Wilayah Cappadocia terbentuk selama periode tersier sekitar 60 juta tahun yang lalu setelah serangkaian letusan gunung berapi melanda Anatolia Tengah.

Letusan membentuk apa yang sekarang dikenal sebagai cerobong peri dan banyak lainnya. Pemandangan menakjubkan Cappadocia yang terkenal dibentuk oleh erosi gunung berapi.

5. Memiliki Ratusan Gereja

Diperkirakan terdapat 600 gereja yang terletak di Cappadocia yang dibangun dengan memahat batuan lunak. Hal ini bisa dikarenakan pada abad pertengahan, Cappadocia menjadi rumah bagi komunitas Kristen. 

6. Tempat Produksi Wine

Cappadocia menjadi tempat produksi wine yang memiliki sejarang panjang. Disini, pengunjung bisa mencicipi sampel dari minuman yang berbahan dasar anggur tersebut.