Menu

9 Makanan untuk Bantu Penuhi Nutrisi Ibu Hamil, Enak-enak Banget Moms!

01 Januari 2022 20:05 WIB

Ibu hamil sedang mengonsumsi makanan sehat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Ibu hamil tentu sangat membutuhkan asupan atau sumber makanan yang dapat mendukung perkembangan janin. Karena, makanan yang masuk kedalam tubuh ibu hamil juga akan diserap oleh janin dan bisa membantu kesehatan dan perkembangan otak, tulang, dan mata janin.

Supaya tak salah pilih, dilansir dari laman Healthline, berikut 9 makanan pilihan untuk ibu hamil.

Susu dan Olahannya

Selama masa kehamilan, kebutuhan protein dan kalsium akan meningkat seiring dengan pertumbuhan si kecil di dalam perut. Kebutuhan ini dapat diperoleh dari susu dan olahannya seperti keju, susu, dan yogurt.

Selain tinggi kalsium dan protein, susu mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang baik untuk bayi. Beberapa jenis yoghurt bahkan mengandung bakteri probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya untuk ibu hamil adalah bermacam kacang-kacangan, termasuk kacang polong, buncis, dan kedelai. Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan dari kacang-kacangan adalah folat, terutama pada kehamilan di trimester pertama dan sebelumnya.

Setaknya dibutuhkan 600 mikrogram folat setiap harinya yang dapat dipenuhi melalui kacang-kacangan dan suplemen dari dokter. Selain itu, tingginya serat pada kacang-kacangan juga baik untuk ibu hamil.

Ubi Jalar

Tak hanya rasanya yang enak, ubi jalar juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti beta karoten dan vitamin A. Namun, berhati-hatilah dengan sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan karena dapat menyebabkan toksisitas.

Serat nabati dan beta karoten yang tinggi pada ubi jalar juga dapat menekan rasa lapar dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Di samping itu, serat akan melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 esensial pada jeni ikan satu ini merupakan sumber makanan ibu hamil yang sangat baik karena dapat membantu membangun kecerdasan otak dan mata bayi.

Salmon juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan asupan beberapa makanan laut yang berkemungkinan mengandung merkuri seperti pada ikan marlin, raja makarel, dan tuna mata besar. Salmon pun tinggi vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kekebalan tubuh.

Telur

Dengan harga yang sangat terjangkau, telur juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Pada satu butir telur besar, setaknya terkandung 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, vitamin, dan mineral.

Telur juga merupakan sumber dari kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan tulang bayi.

Brokoli dan sayuran daun hijau gelap

Brokoli dan sayuran berwarna daun hijau gelap seperti bayam dan kangkung, mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Selain bisa membantu mengatasi sembelit dengan tingginya kandungan serat, sayuran ini juga mengandung vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Daging dan Protein Tanpa Lemak

Daging sapi, ayam, dan babi tanpa lemak adalah sumber protein dengan kualitas terbaik. Selain itu, mereka juga kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B yang dibutuhkan dalam jumlah besar saat masa kehamilan.

Berry

Meski berukuran kecil, berry menyimpan beragam kebaikan untuk ibu hamil seperti air, karbohidrat sehat, vitamin C, serat, dan antioksidan. Selain itu, indeks glikemiknya yang rendah juga dapat mencegah adanya lonjakan gula darah.

Biji-Bijian Utuh

Biji-Bijian utuh seperti gandum, beras merah, quinoa, dan barley mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan roti biasa, pasta, dan nasi putih. Gandum dan quinoa bahkan mengandung protein yang cukup tinggi, serta vitamin B, serat, dan magnesium yang dibutuhkan ibu hamil.

Itulah mengapa biji-bijian utuh termasuk makanan ibu hamil yang aman dikonsumsi dan tentunya sehat.

Nah, itu dia beberapa asupan yang bisa dikonsumsi untuk membantu tumbuh kembang janin Moms. Selamat mencoba!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan