Menu

Cara Cepat Hilangkan Ketombe, Mudah Banget Lho!

06 Januari 2022 10:40 WIB

Rambut yang berketombe. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketombe adalah masalah rambut yang kadang kala bikin gak nyaman dan tingkat percaya diri menurun. Pasalnya, ketombe kadang memberikan sensasi gatal di kulit kepala. Apalagi, kalau gak sengaja di garuk, pasti langsung timbul memenuhi rambut. Nah, kamu penasaran gimana caranya menghilangkan ketombe? Yuk cek disini!

Munculnya ketombe ini kerap kali mengganggu kenyamanan saat berada di tempat umum. Ketombe ini muncul karena terjadi pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala dalam bentuk serpihan putih. Penyebab munculnya ketombe pada kepala ini yakni kebersihan pada rambut dan kulit kepala yang kurang terjaga, menggunakan produk shampoo atau perawatan lainnya yang tak cocok serta bisa jadi efek infeksi jamur yang ada di kulit kepala.

Dampak dari Ketombe

Ketombe juga menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala yang membuat kita sering menggraruk kepala. Jika terlalu sering menggaruk kepala akan menyebabkan kulit memerah, luka berdarah dan infeksi yang serius pada kulit.

Berikut cara menghilangkan ketombe pada rambut dan kulit kepala yang dapat kamu coba praktekkan.

1. Rutin Keramas dengan menggunakan Shampoo Anti-ketombe

Salah satu cara menghilangkan ketombe yakni dengan rutin melakukan keramas dengan menggunakan shampoo anti-ketombe. Shampoo anti-ketombe menjadi salah satu solusi terutama untuk orang yang memiliki rambut yang mudah berminyak.

Dengan mencuci rambut secara rutin, sel kulit mati dan kotoran akan terangkat dan menyebabkan kurangnya bahkan hilangnya ketombe pada rambut.

2. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami penghilang ketombe. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa dengan merata pada rambut kepala. Tunggu selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam yang tinggi yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Gunakan cuka sari apel dengan menyemprot kulit kepala dengan campuran sari apel dan air. Tunggu selama bebrapa menit dan bilas hingga bersih.

4. Baking Soda

Baking soda dapat menjadi bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe dan dapat mengurangi minyak pada kepala. Caranya dengan mencampurkan air dan gosok ke seluruh kepala dan bilas hingga bersih dengan air hangat. Beberapa hari setelah menggunakannya, kulit kepala akan lebih sehat dan ketombe pun hilang.

Demikian cara menghilangkan ketombe di rambut. Selamat mencoba ya, Beauty.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan