Menu

Waduh... Ternyata Ini Lho Efek Samping Lidah Buaya yang Jarang Diketahui, Bahaya Banget!

10 Januari 2022 07:35 WIB

Tanaman lidah buaya. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Walaupun sering dipakai untuk perawatan kecantikan, tapi ternyata lidah buaya bisa memberi efek samping yang berbahaya bagi wajah kamu lho, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

Kandungan zinc, sodium, kalium, kromium, kalsium, magnesium, fenol, flavonoid, dan beragam vitamin di dalamnya membuat lidah buaya kerap dijadikan bahan baku kosmetik, skincare ataupun obat.

Walau begitu, kamu juga perlu memperhatikan efek samping lidah buaya untuk wajah, ya! Supaya nggak bingung, berikut dilansir dari Suara, 3 efek samping lidah buaya untuk wajah yang telah diolah dari berbagai sumber.

1. Peradangan kulit

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling kerap dijumpai adalah digunakan sebagai masker kulit wajah.

Dalam anjurannya, penggunaan masker lidah buaya sebaiknya tak didiamkan lebih dari lima menit karena hal ini bisa memicu efek samping berupa peradangan, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Jika, kamu mengalami masalah tersebut, segera hentikan penggunaan masker lidah buaya dan berobat ke dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

2. Memunculkan bintik merah di kulit

Penggunaan lidah buaya pada kulit sensitif dapat memicu munculnya gatal, ruam, sampai bintik-bintik merah.

Ada cara sederhana cara untuk mengetahui apakah kulit kita tahan dengan kandungan lidah buaya. Sebelum mencoba, kamu bisa terlebih dahulu mengoleskan lidah buaya di bagian belakang telinga untuk melihat efeknya.

3. Kulit gatal

Penggunaan lidah buaya bagi kulit wajah sensitif juga tak jarang membuat kulit menjadi sangat gatal. Oleh karena itu, apabila kulitmu terlihat mulai memerah saat menggunakan lidah buaya, segera hentikan dan bawa ke dokter demi perawatan yang tepat.

Efek samping lidah buaya bagi tubuh

Selain menggunakan gelnya sebagai masker atau skincare lain, tak sedikit juga orang yang mengkonsumsi lidah buaya. Oh, iya. Perlu diingat bahwa tak semua orang aman mengkonsumsi tanaman satu ini, ya!

Menurunkan kadar gula darah

Jika dilihat secara sekilas, penurunan kadar gula darah tentu menjadi kabar yang baik. Namun, jika hal ini terus terjadi, bukan tak mungkin kondisi kita justru menjadi drop karena lidah buaya.

Memperparah wasir dan penyakit ginjal

Kandungan gel pada lidah buaya akan memperburuk wasir yang sedang kamu alami. Oleh karena itu, penderita wasir sebaiknya sangat menghindari penggunaan tanaman satu ini.

Bagi seseorang dengan penyakit ginjal, lidah buaya juga tak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat memperparah penyakit ginjal yang mereka derita.

Itulah tadi beberapa hal terkait efek samping lidah buaya untuk wajah dan bagian tubuh lainnya. Semoga bermanfaat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.