Menu

Apa Penyebab DBD Selain Nyamuk? Cari Tahu Yuk Moms!

11 Januari 2022 22:40 WIB

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (pinterest/freepik)

HerStory, Rembang —

Seperti yang sudah Moms ketahui, demam berdarah ditularkan lewat gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Nyamuk yang sekali terkena virus dengue akan selamanya membawa virus tersebut. 

Nah, Seekor nyamuk DBD ini bisa terus menginfeksi orang lain selama ia masih hidup, lho Moms. Untuk itu, ada kemungkinan seluruh anggota keluarga bisa terinfeksi virus dengue yang sama dalam waktu 2-3 hari. Nah, kira-kira adakah penyebab lain dari penyakit DBD selain nyamuk?

Penyakit DBD memang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Namun, ada faktor risiko lainnya yang bisa meningkatkan seseorang mengidap penyakit ini. Beberapa faktor risiko tersebut, yaitu:

1. Daya tahan tubuh yang buruk

Virus dengue sebenarnya bisa langsung dilawan dan dimatikan oleh sistem imun tubuh sebelum memunculkan gejala. Namun, kalau daya tahan tubuh sedang lemah, terutama di musim pancaroba, kamu akan lebih berpeluang terinfeksi virus dengue penyebab DBD ini Moms.

Oleh sebab itu, kamu wajib mengonsumsi makanan sehat serta suplemen atau vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga: Gak Cuma Karena Golongan Darah, Kenali 6 Penyebab Lain Mudah Digigit Nyamuk

2. Buah sampah sembarangan 

Nyamuk penyebab DBD cenderung berkembang biak di tempat yang gelap, kotor, dan lembap, Moms. Misalnya ditumpukan sampah yang terdapat sampah kaleng, ember, atau botol yang terisi gennagan air. Nah, sampah yang dibuang sembarangan akan mudah terisi genangan air hujan dan dijadikan tempat nyamuk bertelur.

Karenanya, kamu wajib membuang sampah pada tempatnya. Agar tak menumpuk, timbun sampah di dalam tanah agar tak bisa menampung air hujan.

3. Jarang menguras bak mandi

Bak mandi yang gak sering dikuras dan dibersihkan juga bisa menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah, Moms. Nyamuk dari luar mungkin saja masuk ke rumah kamu dan akan mencari genangan air, terutama di kamar mandi, untuk bertelur.

Baca Juga: Apakah DBD Menular? Cek Faktanya Berikut Moms!

Jentik nyamuk penyebab DBD bisa terlihat seperti bintik-bintik cokelat yang menempel di pinggiran dasar bak mandi. Kadang pula terlihat bergerak dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang.

4. Gemar menumpuk baju kotor

Kamu sama saja mengundang nyamuk demam berdarah masuk ke rumah kalau gemar menumpuk baju kotor di pojokan kamar atau menggantungnya di belakang pintu. Baju kotor memang bukan penyebab langsung demam berdarah, tapi kondisinya yang terus lembap menarik perhatian nyamuk, Moms.

Belum lagi nyamuk masih bisa mencium sisa-sisa aroma tubuh manusia yang menempel di baju-baju tersebut. Kalau kamu memang harus menyimpan baju kembali, lipat rapi dan simpan di tempat yang bersih dan tertutup, Moms.

Baca Juga: Benarkah Penyakit DBD Bisa Diatasi dengan Minum Jus Jambu?

5. Sering keluar rumah malam-malam

Keluar rumah malam-malam sebetulnya tak masalah. Namun, ada baiknya melindungi diri dengan menggunakan pakaian yang menutup kulit, Moms. Nah, nyamuk penyebab demam berdarah ini aktif mencari mangsa dan menggigit manusia di malam hari.

Kalau kamu berencana keluar di malam hari, sebaiknya kenakan pakaian yang menutup, seperti jaket, baju lengan panjang, celana panjang, sepatu, dan kaos kaki. Jangan kenakan pakaian yang memperlihatkan kulit dan dapat menjadi target gigitan nyamuk penyebab DBD.