Menu

Begini Cara Mudah Hilangkan Kerutan di Bawah Mata Meski Tambah Usia, Cobain Moms Nomor 2 Efektif Banget!

18 Januari 2022 20:45 WIB

Ilustrasi kerutan pada wajah (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pertambahan usia menyebabkan kulit menjadi kendur dan berkerut. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gaya hidup hingga pengaruh genetik.

Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh mulai berkurang sehingga mempengaruhi elastisitas kulit. Tak terkecuali kulit di bawah mata yang memiliki lapisan sangat tipis.

Banyak tren perawatan yang menjanjikan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata dengan harga yang fantastis. Tak perlu merogoh kocek dalam, berikut cara mudah udah menghilangkan kerutan di bawah mata yang dilansir dari berbagai sumber (18/1/2022):

1. Hindari Kontak dengan Matahari Langsung

Ahli bedah plastik di New York, Darrick Antell, MD, memaparkan pada webmd, bahwa paparan sinar matahari bahkan lebih berisiko mengakibatkan kerutan daripada faktor keturunan.

2. Menggunakan Sunscreen

Jika aktivitas mengharuskan kontak langsung dengan matahari, gunakan sunscreen atau tabir surya guna menghilangkan kerutan di bawah mata.

"Tabir surya untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari adalah metode yang paling penting untuk menjaga kulit awet muda," kata ahli bedah plastik di Las Vegas, Goesel Anson, MD.

"Semakin awal kamu mulai menggunakannya, semakin baik. Sebagian besar penuaan kulit disebabkan oleh sinar UV," sambungya.

Sinar matahari juga dapat menurunkan kolagen sehingga menyebabkan pembentukan garis-garis dan lipatan di daerah yang terpapar sinar matahari.

3. Tidur yang Cukup

Ketika kurang tidur, tubuh memproduksi kortisol berlebih. Kortisol adalah hormon yang memecah sel-sel kulit sehingga mudah berkerut.

Oleh sebab itu, kamu harus tidur cukup agar menghasilkan lebih banyak HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang membantu kulit tetap elastis dan cenderung tak mudah berkerut.

Artikel Pilihan