Menu

Sering Gak Disadari, Ternyata Ini Lho Dosa Istri Pada Suami... Kamu Sering Ngelakuin yang Mana Nih Moms?

19 Januari 2022 14:55 WIB

Pasangan suami dan istri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Sebagai seorang istri, memperlakukan suami dengan baik itu penting sekali karena suami adalah pintu surga bagi seorang istri.

Tapi ternyata, ada beberapa perilaku yang bisa menyebabkan dosa yang gak kamu sadari kalau diperlakukan terhadap suami lho.

Dilansir dari Muslimah Daily, Rabu (19/1/2022), yuk simak 7 dosa istri terhadap suami.

Cemburu berlebihan

Cemburu adalah sifat alami yang dimiliki oleh wanita. Tapi, sifat yang berlebihan itu terhadap suami juga gak baik lho. Apalagi, kalau cemburu yang kamu rasakan itu tak beralasan dan tak meiliki bukti yang kuat.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain” ( Q.S al-Hujurat : 12).

Bukannya dilarang, tapi kecemburuan hanya perlu sewajarnya saja ya! Jadikanlah kecemburuanmu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  ( QS. Ali Imron : 31 )

Berhias bukan untuk suami

Banyak sekali wanita yang tampil dengan sederhana di rumah namun mentereng dan sangat cantik ketika keluar rumah. Hati-hati Moms, itu juga bisa menjadi dosa lho! Pada akhirnya, hal itu juga bisa menimbulkan fitnah jika terlalu sering kamu lakukan.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, 

"Janganlah mereka (perempuan-perempuan) menampakkan perhiasannya melainkan untuk suaminya." ( Qs.An Nur 31 ).

Keluar rumah tanpa izin suami

Kalau kamu ingin berpergian keluar rumah, usahakan selalu mendapat izin dan restu dari suami ya Moms, termasuk pergi ke rumah orangruamu. Jangan sampai kamu membantah dan malah membawa dosa untuk diri kamu sendiri. Jika tak mendapat izin, lebih baik mndengarkannya karena pasti ada alasan dibalik itu.

Sabda Rasulullah Shallahu alaihi wasalam: "Siapa saja perempuan yang keluar rumahnya tanpa ijin suaminya dia akan dilaknat oleh Allah sampai dia kembali kepada suaminya atau suaminya redha terhadapnya." ( HR. Al Khatib ).

Menolak ajakan untuk memenuhi biologis suami

Sebagai istri, sudah merupakan tanggung jawab dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan biologis suami selama gak ada yang menghalangi kamu untuk melayani suami.

Apabila kamu tak memenuhinya dengan alasan yang pasti, maka Malaikat akan mengutukmu sampai pagi.

Sabda Rasulullah Shallahu alaihi wasalam, "Apabila suami memanggil isterinya ke tempat tidur, ia tidak datang niscaya malaikat melaknat isteri itu sampai Subuh." ( HR. Bukhari dan Muslim).

Gak menghormati keluarga suami

Layaknya keluarga dan orangtua sendiri, seorang istri harus menghormati keluarga sang suami, terutama orangtuanya.

Dalam sebuah hadits shahih, diriwayatkan bahwa Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah Shallahu alaihi wasalam, ”Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita?”

Rasulullah menjawab, “Suaminya” (apabila sudah menikah). Aisyah Ra bertanya lagi, ”Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki?” Rasulullah menjawab, “Ibunya” ( HR. Muslim )

Seorang sahabat, Jabir Ra menceritakan: Suatu hari datang seorang laki-laki kepada Rasulullah Shallahu alaihi wasalam, ia berkata, “Ya Rasulallah, saya memiliki harta dan anak, dan bagaimana jika bapak saya menginginkan (meminta) harta saya itu?

Rasulullah menjawab, “Kamu dan harta kamu adalah milik ayahmu”. ( HR. Ibnu Majah dan At- Thabrani ).

Puasa sunah tanpa izin suami

Moms, mungkin beberapa dari kamu sangat senang untuk menjalani puasa sunah. Tapi, kalau puasa ini dijalankan tanpa izin suami, kamu bisa mendapatkan dosa lho.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Shallahu alaihi wasalam. Bersabda : “ siapa saja istri berpuasa (Sunah) tanpa ijin suaminya, lalu suaminya mengajak bercampur, tetapi ia menolaknya (Karena sedang berpuasa), maka Allah tetapkan ia berbuat tiga dosa besar.”( HR. Thayalisi ).

Menerima tamu tanpa izin

Nah yang terakhir adalah menerima tamu tanpa izin suami. Ketika sudah menikah, kamu gak bisa menerima sembarang tamu masuk ke dalam rumahmu. Apalagi kalau tamu itu adalah seorang pria.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Hak kalian (para suami) atas mereka (para istri) adalah mereka tidak memasukkan seorangpun yang tidak kalian sukai ke rumah kalian. Jika mereka melakukannya, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas.”( HR. Muslim )

Nah, itu dia dosa terhadap suami yang mesti kamu tahu dan hindari Moms. Yuk mulai untuk diubah!

Artikel Pilihan