Menu

Beauty, Ayo Kumpul! Tes Kepribadian Berdasarkan Urutan Lahirmu Yuk, Kamu Urutan ke Berapa Nih?

20 Januari 2022 13:45 WIB

Ilustrasi keluarga bahagia (Pinterest/Edited by Herstory

HerStory, Jakarta —

Menurut beberapa peneliti, urutan lahir ternyata sama pentingnya dengan jenis kelamin dan genetik lho. Bahkan, kamu bisa tahu kepribadian dan sifat seseorang berdasarkan urutan lahirnya.

Mengapa demikian? Karena sikap orang tua akan berbeda dengan masing-masing anak mereka. Inilah yang membentuk karakter masing-masing orang. Untuk mengetahui seperti apa dirimu dari urutan kelahiran, ikuti tes kepribadian berikut seperti dilansir Minds Journal.

1. Anak sulung, anak yang berprestasi

Ciri-ciri kepribadian utama: Bertanggung jawab, berjiwa pemimpin, perfeksionis, memiliki kebutuhan yang kuat untuk mendapatkan persetujuan dari orang yang bertanggung jawab, sangat termotivasi untuk berhasil.

Anak sulung mungkin akan memiliki lebih banyak kesamaan dengan anak sulung lainnya daripada saudara laki-laki dan perempuan mereka. Karena mereka memiliki begitu banyak kendali dan perhatian dari orang tua mereka, sehingga mereka terlalu bertanggung jawab, dapat diandalkan, berperilaku baik, berhati-hati, dan menjadi versi yang lebih kecil dari orang tua mereka sendiri.

Jika kamu adalah anak sulung, kamu mungkin adalah orang yang berprestasi tinggi yang mencari persetujuan, mendominasi, dan perfeksionis yang menggunakan semua oksigen di dalam ruangan. Kamu cocok dengan berbagai profesi kepemimpinan seperti hukum, kedokteran, atau sebagai CEO.

Sebagai 'orang tua mini', kamu selalu mencoba untuk mendominasi saudaramu. Masalahnya saat bayi nomor dua lahir, kamu juga akan mengalami rasa kehilangan. Dengan kehilangan kursi di tahta keluarga, kamu juga akan merasa kehilangan tempat khusus. Semua perhatian yang dulunya hanya milikmu sekarang harus dibagi olehmu dan saudaramu.

2. Anak tengah, sang pembawa kedamaian

Ciri-ciri kepribadian utama: Penuh rahasia, sering merasa tak aman, banyak akal, mandiri, memilih kompromi atas konflik, mediator, mudah beradaptasi, memberontak.

Jika kamu adalah anak tengah, kamu mungkin orang yang pengertian, kooperatif, dan fleksibel, namun kompetitif. Kamu juga peduli dengan keadilan. Bahkan, sebagai anak tengah, kamu cenderung memilih lingkaran teman akrab untuk mewakili keluarga besarmu. Di sinilah kamu akan menemukan perhatian yang mungkin kurang dalam keluarga asalmu.

Sebagai anak tengah, kamu menerima perhatian paling sedikit dari keluarga dan sebagai hasilnya, keluarga pilihanmu ini adalah kompensasimu.

3. Anak bungsu, kehidupan pesta

Ciri-ciri kepribadian utama: Manja, dilindungi hingga tak berdaya, manipulatif, tak bertanggung jawab secara finansial, ramah, ekstrovert, sosial.

Jika kamu masih kecil, orang tuamu sudah percaya diri dalam peran mereka sebagai pengasuh, dan karena itu terasa lebih mudah dan mereka tak perlu memperhatikan setiap gerakan atau tonggakmu seperti yang mereka lakukan dengan kakakmu. 

Dengan demikian, kamu telah belajar bagaimana merayu orang banyak dengan pesona dan daya tarikmu. Mungkin tak mengejutkan bagimu bahwa anak-anak bungsu sering menemukan karir dalam bisnis hiburan sebagai aktor, komedian, penulis, sutradara dan sebagainya. Mereka juga menjadi dokter dan guru yang baik.

4. Anak tunggal: Serigala penyendiri

Ciri-ciri kepribadian utama: Peka terhadap kritik, nyaman dengan orang dewasa, bertanggung jawab, percaya diri, sangat mirip dengan anak sulung.

Jika kamu anak tunggal, kamu tumbuh dikelilingi oleh orang dewasa, dan karenanya lebih verbal dan seringkali lebih dewasa. Ini membuat kecerdasanmu lebih meningkat.

Setelah menghabiskan begitu banyak waktu sendirian, kamu memiliki banyak akal, kreatif, dan percaya diri dalam kemandirianmu. Jika kamu anak tunggal, kamu sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan anak sulung, serta anak bungsu dalam keluarga.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.