Menu

Perut Tambah Buncit di Tengah Wabah, Olahraga Atau Diet?

01 Juli 2020 14:40 WIB

Ilustrasi wanita yang tampil percaya diri. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —
Perut yang buncit memang cukup mengganggu penampilan, sih! Bahkan untuk meleburkan lemak dalam tubuh ini susah banget, Dear. Apalagi di tengah wabah yang mengharuskan kita di rumah saja. Tapi, harus diet atau olahraga, ya?
Menurut Dr. Dion Haryadi dalam postingan Tik Tok-nya menjelaskan bahwa latihan perut tidak bisa mengecilkan perut yang buncit. Kenapa? Karena dalam skema anatomi lapisan perut (kulit-lemak sukutan-otot perut-fisrofet atau lemak yang menyelimuti organ dalam tubuh) latihan perut tidak bisa menghilangkan lemak sukutan yang menjadi penyebab adanya perut buncit ini.
Ternyata, katihan perut yang dilatih adalah otot perut, Dear. Lapisan lemak tidak bisa dihilangkan dengan latihan perut karena otot yang membesar tidak akan kelihatan sixpacknya jika lemak di atasnya masih ada, “makanya harus dilakukan defisit kalori untuk menghilangkan lemak” jelasnya.
Nah, kalau gitu apa ya yang menyebabkan pembengkakan perut?
Perut bisa bengkak dengan berbagai alasan, mulai dari makan terlalu banyak hingga kehamilan, hanya dokter yang bisa menentukan penyebab pastinya.
Penyebab umumnya sendiri adalah gas. Kok bisa? Ya bisa, karena kita menelan udara sebagai bagian dari kebiasaan gugup atau dari memakan makanan yang tinggi serat sehingga menyebabkan produksi gas. Biasanya kembung ya, Dear.
Perawatan di rumah untuk perut buncit ini tergantung penyebabnya. Jika perut membuncit karena makan terlalu banyak, maka cukup menunggu makanan untuk dicerna. Pertimbangkan makan lebih lambat untuk memberi waktu perut memproses makanan ya, Dear!
Jika perut buncit karena gas, cobalah hindari makanan yang bisa memproduksi gas dalam tubuh kita, seperti brokoli dan kol. Minuman berkarbonasi dan minum dengan sedotan juga bisa memproduksi gas, loh! Selain itu, dilansir dari healtline.com kalau menghindari produksi susu dapat membantu meringankan pembengkakan perut yang disebabkan oleh intoleransi laktosa. 
Sedangkan ini adalah untuk perawatan medis dokter akan menyarankan menggunakan diuretik kalau istirahat dan menurunkan jumlah natrium dalam diet tidak bekerja menghilangkan gejala. Kamu harus mencari perhatian medis ya kalau perut buncit ini bukan hal yang biasa, seperti disertai demam atau mual.
Jadi, sudah tahukan harus apa harus apa untuk menghilangkan perut buncit ini? Jangan salah penanganan, semangat sehat, Dear!

Artikel Pilihan