Menu

Yaampun... Rezeki Lagi Mampet? Cuss Coba Perbaiki Tata Rumah Kamu Menurut Fengshui Agar Rezeki Ngalir Deras Gak Ada Halangan!

27 Januari 2022 08:35 WIB

Ilustrasi perempuan sedang bekerja dari rumah. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Karena menjadi tempat yang paling penting, pasti semua orang sangat ingin memiliki rumah yang nyaman. Apalagi, di pusara rumah ternyata bisa mempengaruhi kesehatan bahkan arus kelancaran rezeki kamu lho.

Agar rumah bisa menciptakan kesan nyaman bagi siapapun, maka  bisa menerapkan ilmu feng shui. Feng shui adalah ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang memercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi) dapat hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif.

Qi terdapat di alam sebagai energi yang tak terlihat. Qi dialirkan oleh angin dan berhenti ketika bertemu dengan air.

Qi baik, disebut juga dengan istilah napas kosmik naga. Jenis Qi ini dipercaya sebagai pembawa rezeki dan nasib baik. Namun, ada pula Qi buruk yang disebut Sha Qi, yang dipercaya sebagai pembawa nasib buruk.

Feng shui sering digunakan sebagai salah satu patokan dalam proses pembangunan rumah. Tujuannya adalah untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan qi yang baik. Adapun faktor-faktor yang paling mempengaruhi yaitu lokasi dan sumbu waktu.

Untuk itu, berikut ini penataan rumah yang baik menurut ilmu feng shui yang cukup simpel dilakukan.

Feng shui tempat tidur 

Tak hanya sebagai tempat istirahat, kamar juga merupakan ruang di mana tubuh dan pikiran rileks setelah beraktivitas seharian.

Seiring dengan ruang tamu dan dapur, kamar juga dianggap sebagai salah satu dari tiga elemen kunci dalam feng shui.

1. Kamar Tidur Utama di Atas Garasi

Garasi memiliki banyak gerakan keluar dan masuk. Hal ini memberi energi tak stabil yang bisa ikut mempengaruhi energi kamar tidur di atasnya. Logikanya, kamu bakal sering terkejut atau terganggu dengan suara mobil dan pintu garasi. Kedua hal ini akan membuat tidur kamu tak nyaman.

2. Bersebelahan Atau Berseberangan dengan Dapur

Komposisi ini akan merusak keharmonisan hubungan suami-istri dan keberuntungan keluarga. Terlepas dari faktor hoki maupun musibah yang diprediksi, sebenarnya pantangan ini cukup masuk akal. Selain memiliki hawa panas dari kompor, dapur juga bisa jadi sumber kebisingan. Keduanya dapat menyulut emosi dan membuat rasa tak nyaman.

Feng shui untuk Dapur

Menurut Feng shui rumah, dapur merupakan pusat kemakmuran dan kesejahteraan. Warna-warna cerah, seperti kuning dapat membangkitkan suasana senang saat nyonya rumah beraktivitas. Namun, hindari meletakkan dapur dengan rancangan berikut.

1. Jangan berhadapan dengan toilet

Jika kamu menaruh dapur dan toilet berdekatan, energi negatif toilet atau kamar mandi akan menarik energi positif dapur. Lagi pula, rasanya kurang pantas dilihat jika dapur kamu juga berfungsi sebagai tempat makan. Selera makan bisa hilang, jika ada aroma dari kamar mandi.

2. Tak berada di tengah rumah

Kesibukan, asap, dan aktivitas di dapur setiap hari bisa ikut menyebar dan memengaruhi suasana hati seluruh penghuni rumah. Karena itu, area tengah rumah tak cocok digunakan untuk dapur karena adanya aktivitas memasak dan mencuci.

Feng shui tangga

Tak hanya berfungsi sebagai penghubung dua lantai, tangga menurut feng shui ikut memengaruhi keharmonisan hunian. Jumlah anak tangga yang baik adalah kelipatan lima ditambah satu atau dua. Ada juga beberapa aturan yang sebaiknya tak dilanggar.

1. Tak boleh di ruang tamu

Sekeren-kerennya rancangan tangga, kamu tak boleh meletakkannya di ruang tamu apalagi menghadap langsung ke pintu utama. Hal ini membuat keharmonisan dan rezeki penghuni akan terancam. Lagipula, privasi penghuni yang tinggal di lantai atas menjadi kurang terjaga. 

2. Deretan anak tangga berbentuk tajam

Bentuk yang tajam dipercaya dapat memotong rezeki penghuni. Logikanya, hal ini juga berisiko bagi keselamatan penghuni.

3. Anak tangga tak boleh di tengah ruangan

Tata letak ini dipercaya dapat mengganggu keseimbangan. Benar juga, sih. Anak tangga di tengah ruangan bisa menghambat pergerakan penghuni dan ruangan menjadi tak efisien.

Feng shui ruang tamu 

ruang tamu merupakan salah satu bagian paling penting di dalam rumah. Oleh karena itu, segala penataan dan desainnya sangat diperhatikan.

Apalagi ruang tamu merupakan segmen yang menyambungkan bagian luar dan dalam rumah. Baik first impression maupun kenyamanan rumah pun bergantung pada tampilan ruang tamu.

1. Pencahayaan

Pengaturan pencahayaan di ruang tamu tak boleh disepelekan, nih, menurut feng shui. Selain dari lampu ruang, pencahayaan alami yang masuk ke ruang tamu juga harus diperhatikan.

Tentunya ruang tamu yang baik adalah yang memiliki ventilasi dan jendela yang cukup. Namun, jangan sampai jendelamu terlalu berlebihan atau ada lebih dari 2 pintu menuju ruang tamu.

Mengapa begitu? Menurut feng shui, tuh, hal ini akan menciptakan arus chi yang tak beraturan. Bukannya membawa keberuntungan ya, energi chi dari cahaya yang berlebihan malah bekerja sebaliknya.

2. Sisi emas ruang tamu

Ruang tamu memiliki sisi ’emas’ yang berada di seberang diagonal dari pintu masuk. Jadi, kalau pintu masuknya ada di kanan, maka sisi emasnya berada pada bagian kiri dinding di seberangnya.

Jika ditengah berarti sisi emasnya ada di kiri dan kanan dinding yang berseberangan dengan pintu masuk.

Sisi emas bisa diisi dengan dekorasi seperti lukisan yang membawa energinya masing-masing, seperti ikan koi, hingga kuda.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.