Menu

Catat! Ini 5 Rekomendasi Menu Sarapan untuk Si Penderita GERD, Bye-bye Asam Lambung!

28 Januari 2022 07:00 WIB

Ilustrasi terkena Gerd atau Asam Lambung (Freepik.com/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan refluks asam lambung berulang dalam jangka panjang.

Orang-orang yang menderita GERD harus benar-benar memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi supaya penyakitnya enggak kambuh, termasuk makanan saat sarapan.

Melansir dari berbagai sumber (28/1/2022), berikut ini beberapa menu sarapan yang direkomendasikan untuk penderita GERD. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Putih telur

Penderita GERD direkomendasikan untuk mengonsumsi putih telur dan menghindari bagian kuning telur karena memiliki lemak yang lebih tinggi dan berisiko memicu asam lambung.

Ubi dan kentang

Selanjutnya, ubi dan kentang merupakan salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi yang mengandung serat. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

Dada ayam

Dada ayam juga aman dikonsumsi penderita GERD saat sarapan. Cara pengolahan yang dianjurkan adalah dengan dipanggang atau steam.

Sayuran hijau

Jenis sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan sawi dapat menjadi pilihan menu sarapan penderita GERD. Pasalnya, sayuran hijau dapat membantu mengurangi peningkatan kadar asam lambung.

Buah-buahan

Enggak semua buah bisa dikonsumsi penderita GERD karena mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Namun, kamu bisa konsumsi pisang, melon, semangka, dan pepaya. Keempat buah tersebut memiliki kadar keasaman rendah dan baik untuk pencernaan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi menu sarapan untuk penderita GERD. Mau coba?

Artikel Pilihan