Menu

Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama, Bisa Jadi Tanda Kamu Menderita Diabetes Lho!

28 Januari 2022 12:05 WIB

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Jakarta —

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tak lagi mampu membuat insulin atau ketika tubuh tak dapat menggunakan insulin yang diproduksi dengan baik. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas bertindak seperti kunci untuk mengalirkan glukosa dari makanan ke aliran darah dan ke sel-sel di tubuh untuk menghasilkan energi.

Semua makanan berkarbohidrat dipecah menjadi glukosa di dalam darah. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel. Ketika tubuh enggak bisa memproduksi insulin atau tak bisa mengelola insulin secara efektif dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah atau dikenal sebagai hiperglikemia. Dalam jangka panjang, kadar glukosa tinggi dikaitkan dengan kerusakan tubuh dan kegagalan berbagai organ dan jaringan.

Orang yang menyandang diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan sejumlah masalah kesehatan yang serius. Kadar glukosa darah yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan penyakit serius yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah, mata, ginjal, saraf, dan gigi.

Mungkin banyak yang mengetahui bahwa diabetes memiliki gejala sering merasa haus dan juga sering buang air kecil. Tapi, ternyata, ada juga tanda khas yang muncul jika kamu menderita diabetes lho, yakni tidur siang dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Bukan cuma omong kosong, hal ini diketahui berdasarkan penelitian dari The European Association for the Study of Disease annual meeting. Dalam penelititian ini para ilmuwan menemukan bahwa orang yang sering tidur siang lebih dari satu jam, kemungkinan 45 persen berisiko menyandang diabetes dibandingkan dengan orang-orang yang tidur siang hanya sebentar. 

Pasalnya jika kamu terlalu lama tidur siang, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita gangguan tidur yang pada gilirannya ini bisa terkait dengan risiko diabetes.

Artikel Pilihan