Menu

Sederet Buah yang Jadi 'Musuh' Bagi Penderita Asam Lambung, Jangan Konsumsi Ya, Kalau Nekat Bisa...

31 Januari 2022 09:35 WIB

ilustrasi jus alpukat (instagram/trisulistijani.2908)

HerStory, Jakarta —

Beauty, meski buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi hal ini tak berlaku untuk penderita asam lambung. Ya, beberapa buah-buahan memang tak disarankan bagi penderita asam lambung.

Ini karena buah-buahan tersebut memiliki rasa yang asam dan bisa semakin mengiritasi lapisan lambung yang sudah meradang. Beberapa buah tersebut, yaitu:

Jeruk

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Korean Journal of Gastroenterology, menyebutkan bahwa terdapat 67 dari 382 orang mengeluhkan munculnya rasa terbakar pada dada yang merupakan salah satu gejala maag.

Kondisi tersebut muncul setelah mereka mengonsumsi buah eruk. Hal ini ternyata terjadi karena kandungan asam yang ada d dalam buah-buahan sitrus tersebut menimbulkan kenaikan asam lambung.

Alpukat

Tak hanya buah yang mengandung sitrus, kandungan lemak dalam buah alpukat juga ternyata kurang bersahabat dengan penderita asam lambung dan maag. Hal ini karena lemak merangsang produksi hormon kolesistokinin.

Hormon tersebut meningkatkan produksi asam lambung. Nah, naiknya produksi asam lambung ditambah rileksnya sfingter kardia bisa membuat gejala maag dan penyakit asam semakin bertambanh parah.

Tomat

Tomat mengandung asam sitrat dan asam malat di dalamya, Beauty.

Nah, kedua zat itu bisa memicu asam lambung naik yang akhirnya menimbulkan gejala maag.

Itulah beberapa buah-buahan yang harus kamu hindari kalau tak ingin asam lambungmu naik, Beauty. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari