Menu

Selain Bisa Cegah Diabetes, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji yang Bikin Melongo!

07 Februari 2022 15:00 WIB

Buah jambu biji. (Pexels/Any Lane)

HerStory, Jakarta —

Jambu biji merupakan salah satu buah yang sehat dan mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Jambu biji mengandung rendah kalori, tinggi serat, dan vitamin yang penting untuk tubuh.

Enggak hanya itu, jambu biji rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah penyakit diabetes hingga menyehatkan jantung.

Melansir dari Times of India, berikut ini sederet manfaat jambu biji yang perlu kamu tahu dan harus segera dikonsumsi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Mencegah diabetes

Jambu biji mengandung banyak serat dan baik untuk para penderita diabetes. Menurut ahli, jambu biji sebaiknya dikonsumsi mentah untuk merasakan manfaatnya.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2.

Menjaga daya tahan tubuh

Jambu biji juga rupanya bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi umum dan patogen.

Para ahli mengatakan bahwa jambu biji mengandung empat kali lipat vitamin C dari jeruk. Makanya, jambu biji bisa menjaga sistem imunitas tubuh.

Menyembuhkan batuk dan pilek

Menurut ahli, jambu biji dan daunnya merupakan sumber vitamin C dan zat besi yang efektif untuk meredakan pilek dan batuk.

Para ahli menyarankan untuk menghindari jambu matang saat pilek dan batuk, tapi jambu mentah baik uuntuk dikonsumsi karena bisa mengurangi pembentukan lendir.

Mengatasi sembelit

Jambu biji juga bisa membantu mengatasi sembelit. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi jambu biji setiap pagi untuk mengurangi masalah sembelit.

Menyehatkan jantung

Jambu biji membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Oleh karena itu, jambu biji juga dapat mengatur tekanan darah dan hipertensi.

Telah terbukti bahwa jambu biji dapatt menurunkan kadar trigliserida dan kolestterol jahat yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Nah, itulah sederet manfaat jambu biji yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat, ya!