Menu

Biar Cepat Pulih, Ini 4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

09 Februari 2022 14:00 WIB

Ilustrasi isolasi mandiri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Covid-19 varian Omicron semakin merajalela dan menginfeksi banyak orang, termasuk di Indonesia. Masyarakat pun semakin khawatir dengan Covid-19 varian terbaru ini.

Orang-orang yang positif terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Untuk itu, penderita Covid-19 harus mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk mempercepat pemulihan. Sudah tahu belum makanan apa saja yang direkomendasikan?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan sejumlah rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat isolasi mandiri. Yuk, simak baik-baik, ya!

Makanan sumber serat

Makanan yang mengandung tinggi serat baik dikonsumsi oleh pasien Covid-19. Konsumsi serat juga dikaitkan dengan pertumbuhan bakteri baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanan segar

Makanan segar dan enggak melewati banyak proses pengolahan baik dikonsumsi oleh pasien Covid-19. Hindari makanan cepat saji karena dapat memperparah peradangan dan melemahkan sistem imunitas tubuh.

Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh baik untuk kesehatan. Kamu bisa mendapatkannya dari banyak makanan, seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan kedelai.

Protein tanpa lemak

Pilihlah makanan dengan sumber protein tanpa lemak, seperti pada dada ayam dan ikan. Protein dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang dan mempercepat penyembuhan.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi saat isolasi mandiri di rumah.