Menu

Sederet Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Terinfeksi Omicron, Salah Satunya Es Krim! Yummy…

09 Februari 2022 18:15 WIB

Ilustrasi pasien COVID-19. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, varian Omicron menyebabkan angka Covid-19 meroket dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Omicron sekarang menyumbang hingga 95i kasus Covid-19, dan jumlah kasus terus meningkat setiap hari.

Pakar kesehatan pun mengatakan bahwa cara terbaik untuk meringankan gejala Omicron adalah dengan terlebih dahulu divaksinasi. Selain itu, kamu juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Selain itu, meningkatkan imunitas tubuh juga sangat penting agar daya tahan tubuh tidak rentan terkena virus.

Jika kamu akhirnya terinfeksi Omicron dan beberapa gejala muncul, mungkin menjadi sulit untuk menentukan jenis makanan yang harus kamu makan. Malah, kamu gak ingin makan sama sekali.

"Orang yang terkena Omicron, Delta, atau Influenza, sebenarnya tidak memiliki selera makan yang besar. Omicron dapat membuat tenggorokan sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan minum pun sakit," kata Robert G. Lahita MD, Ph.D. (Dr. Bob), Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong, sebagaimana dikutip dari Eat This.

Karenanya, Dr. Bob pun berbagi beberapa tips tentang cara menyehatkan tubuh, berikut beberapa langkah yang harus diambil saat kamu mulai merasa lebih baik, dan makanan apa yang harus dihindari sepanjang seluruh proses penyembuhan. Yul simak, Beauty!

1. Yoghurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa kamu makan ketika terinfeksi Omicron adalah yoghurt. Lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan dikemas dengan protein, yoghurt dapat membuatmu kenyang, Beauty.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah mungkin makan yogurt dan mungkin menaruh beberapa granola pada yoghurt. Potong juga beberapa pisang untuk potasium, dan campurkan. Tapi pisangnya harus kecil-kecil karena ingat, akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya," kata Dr. Bob.

2. Es krim

Mungkin terdengar tidak biasa, tetapi Dr. Bob mengatakan bahwa es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika kamu sedang sakit tenggorokan yang parah.

"Hal lain, jika Anda tidak menderita diabetes, es krim bisa jadi solusinya. Es krim dapat memberi Anda glukosa dan juga protein, jadi Anda setidaknya bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang terinfeksi Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar," kata Dr. Bob.

Es krim dapat membantu mengenyangkan perut sekaligus menjaga berat badan, mengingat penurunan berat badan yang parah dapat menjadi efek samping tertular virus karena kurang nafsu makan.

3. Minuman elektrolit

"Cairan itu penting. Jadi minumlah minuman elektrolit agar Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium Anda tetap normal," kata Dr. Bob.

Jadi, pastikan ada beberapa elektrolit dalam tubuhmu ya Beauty, terutama jika kamu mengalami diare dan muntah.

4. Sup dan kaldu

Selanjutnya, makanan yang ‘ramah’ di tenggorokan yang bisa kamu cicipi saat terinfeksi Omicron adalah semangkuk sup atau kaldu, Beauty.

"Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus," kata Dr. Bob.

Dikatakan Dr. Bob, sup yang mengandung protein dan sayuran di dalamnya dapat memberitubuh beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat kamu melawan infeksi.

5. Protein shake

"Milkshake vanila, milkshake cokelat, apa pun yang mudah diminum, itu sangat penting." kata Dr Bob.

Untungnya, minum protein shake lebih ringan di perut dibandingkan dengan smoothie. Campurkan bubuk protein favoritmu dengan es dan susu (atau alternatif susu) untuk meningkatkan protein dan setidaknya memberimu beberapa zat.

6. Sayuran silangan

Jika kamu memiliki selera makan, Dr. Bob mengatakan, makanan yang mudah dan bergizi untuk disimpan adalah semua jenis sayuran silangan.

"Jika Anda bisa makan makanan biasa, lakukanlah. Ssayuran silangan seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel enak, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua hal ini menjaga nutrisi yang akan Anda perlukan, dan hal-hal yang Anda perlukan," kata Dr. Bob.

7. Pasta Bolognese

Ketika virus mulai hilang, Dr. Bob mengatakan, kamu mungkin memiliki nafsu makan yang meningkat dan keinginan untuk ingin makan semuanya, Beauty.

Karenanya, Dr Bob menyarankanmu untuk mencari makanan yang juga akan membuat perutmu kenyang dan meningkatkan protein.

Pasta dengan saus daging, misalnya, bisa menjadi santapan yang enak untuk hasrat seperti itu.

"Anda bisa makan sepiring pasta yang enak, menaikkan gula darah Anda dengan lembut, tetapi tidak berlebihan," kata Dr. Bob.

Lantas, bagaimana dengan jeruk?

Beauty, kamu mungkin berpikir bahwa mengonsumi makanan yang mengandung citrat seperti jeruk dan jus jeruk untuk vitamin C bisa jadi penambah kekebalan alami yang harus dicapai ketika kamu sakit, tetapi Dr. Bob justru tak menyarankan itu ketika kamu terinfeksi Omicron.

‘"Makanan yang terdiri dari jeruk dan makanan yang sedikit asam, akan sangat-sangat sulit untuk ditelan," kata Dr Bob.

"Varian Omicron akan membuat sakit tenggorokan yang parah. Jadi akan sulit untuk menelan beberapa makanan ini. Itulah sebabnya saya menyarankan Anda untuk mengonsumsi sesuatu yang lembut dan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya,” pungkasnya.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!

Artikel Pilihan