Menu

Gak Perlu Diet Ketat! Turunkan Berat Badan Bisa dengan Cara Tidur, Wah Mantab Nih...

09 Februari 2022 23:19 WIB

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Jakarta —

Sebagian besar wanita nampaknya menginginkan bentuk tubuh yang ideal, ya Beauty? Tak heran kalau mereka berlomba-lomba melakukan berbagai cara bahkan sampai diet ekstrem demi menurunkan berat badan.

Nah, kondisi yang seperti ini bagi sebagian orang diasa menyiksa lantaran pembatasan beberapa makanan lezat. Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan, yaitu hanya dengan tidur.

Melansir India Express, teknik bernapas lewat mulut selama tidur rupanya bisa menghambat penurunan berat badan, lho. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk bernapas dengan hidung kettimbang mulut saat tidur.

Seorang ahli gizi, Pooja Makhija mengatakan bahwa sistem saraf otonom memiliki du acabang utama, yakni simpatik dan parasimpatis. Nah, cabang simpatik bertanggung jawab atas respons atas respons saat lari, sedangkan cabang parasimpatis bertanggung jawab atas respons saat istirahat dan cerna.

Pasalnya, pernapasan mulut mmebuat tubuh Moms condong ke keadaan simpatik, sedangkan pernapasan hidung mengaktifkan respons parasimpatis. Kalau tubuh terjebak dalam eadaan ini karena stres kronis dan disfungsi pernapasan, itu tidak akan secara efektif membangun kembali jaringan dari smeua olahraga.

Lebih lanjut, Pooja mengatakan bahwa sebagian besar proses pemulihan ini terjadi saat seseorang tidur, Moms. Karenanya, sangat penting untuk bernapas dengan cara yang mengubah keadaan sistem saraf ke mode istirahat.

Itulah sebabnya, mengapa pernapasan hidung sangat penting untuk menurunkan berat badan. Nah, semoga informasi ini membantu, ya Moms.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.