Menu

Musim Pancaroba Mulai Muncul Berbagai Penyakit, Jaga Metabolisme Tubuh dengan Tips Ini Moms

10 Februari 2022 23:49 WIB

Ilustrasi sarapan bersama keluarga. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memasuki musim pancaroba, banyak orang yang terjangkit penyakit. Oleh sebab itu, penting menjaga kesehatan  di tengah padatnya aktivitas. Pasalnya, tubuh akan membutuhkan energi yang cukup untuk menjadi sumber energi.

Apalagi, pembakaran kalori pun harus seimbang agar tidak ada penimbunan lemak berlebih dalam tubuh dan menyebabkan obesitas. Berikut ini beberapa cara menjaga metabolisme tubuh dengan baik saat aktivitas padat, yakni:

1. Sarapan

Setelah malam yang panjang, tubuh kamu membutuhkan bahan bakar untuk meningkatkan metabolisme. Melewatkan sarapan dapat memperlambat kemampuan tubuh kamu untuk membakar lemak ketika mencoba untuk menghemat energi.  

Disarankan untuk kamu sarapan sehat dalam waktu satu jam setelah bangun tidur.

2. Makan tepat waktu

Mungkin kamu berpikir bahwa melewatkan makan akan menghasilkan tubuh yang lebih ideal, tetapi justru sebaliknya. Melewatkan makan dapat membuat tubuh kamu berpikir 'lapar' sehingga menyimpan kalori ekstra daripada membakarnya.  

Makan hingga enam porsi kecil sehari untuk menangkis rasa lapar, menjaga kadar gula darah tetap stabil akan membantu metabolisme kamu berfungsi dengan baik.

3. Olahraga

Olahraga tidak hanya membakar kalori, namun itu benar-benar mengubah DNA untuk meningkatkan metabolisme kamu dengan cepat. Para ahli merekomendasikan olahraga setidaknya satu jam perhari untuk melihat manfaat ini.

4. Kurangi stres

Stres dapat memperlambat pencernaan kamu dan menggagalkan tujuan apa pun untuk memiliki metabolisme yang tinggi dan baik. Hormon stres kortisol dengan kadar terlalu tinggi, itu menghambat kemampuan tubuh kamu untuk membakar lemak.

Luangkan beberapa saat untuk bernapas dalam-dalam atau lakukan yoga yang menenangkan pikiran dan menjaga metabolisme kamu tetap terkendali.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan