Menu

3 Kebiasaan Kecil yang Bisa Menimbulkan Masalah Ginjal, Jangan Disepelein Nih!

11 Februari 2022 19:30 WIB

Ilustrasi begadang (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Sebab, jika ginjal sudah rusak bisa membahayakan hingga berisiko kematian.

Selain itu, jika ginjal mengalami kerusakan, maka pengobatannya cukup sulit dan membutuhkan biaya yang besar. Makanya, penting untuk selalu menjaga kesehatan ginjal.

Melansir dari berbagai sumber (11/2/2022), berikut ini beberapa kebiasaan kecil yang bisa membawa dampak besar untuk kerusakan ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kurang minum air putih

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Dengan cairan yang cukup, ginjal dapat membersihkan limbah dan racun dari tubuh.

Selain itu, minum air putih cukup juga dapat mencegah penyakit batu ginjal. Jadi, jaga kesehatan ginjal dengan minum air putih setidaknya 1,5 sampai dua liter setiap hari.

Kebiasaan begadang

Kalau kamu memiliki kebiasaan begadang, berarti kamu perlu berhati-hati. Sebab, kebiasaan begadang bisa merusak kesehatan ginjal.

Apabila kurang tidur berlangsung lama, beban kerja ginjal bisa terus bertambah dan lama-kelamaan ginjal bisa mengalami kerusakan.

Konsumsi garam dan natrium berlebihan

Sering mengonsumsi makanan tinggi garam, sodium, natrium, atau segala jenis penyedap dapat meningkatkan tekanan darah. Kalau kondisi ini terus-menerus terjadi, maka ginjal bisa rusak.

Batas aman konsumsi garam atau natrium per hari untuk orang sehat maksimal 2.000 miligram natrium atau setara satu sendok teh garam per hari.

Nah, itulah beberapa kebiasaan kecil yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan