Menu

Sangat-sangat Bermanfaat, Aplikasi ‘Tentang Anak’ Ini Wajib Diunduh Moms!

11 Februari 2022 18:22 WIB

Para narasumber di acara Konferensi Pers: Grand Launch Aplikasi & Pekan Tumbuh Tentang Anak, Jumat (11/2/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, apakah kamu pernah mendengar tentang aplikasi Tentang Anak?

Ya, setelah satu tahun mendampingi para orang tua sebagai ekosistem parenting di Indonesia, kini Platform edukasi bertajuk Tentang Anak kini meresmikan peluncuran aplikasi yang sudah bisa diunduh secara gratis melalui App Store dan Play Store. Adapun, tujuannya tak lain adalah untuk menjangkau lebih banyak kebutuhan orang tua dan pertumbuhan anak secara holistik.

Pendiri platform Tentang Anak, dr. Mesty Ariotedji, Sp. A, serta suaminya, Garri Juanda, mengatakan bahwa orang tua berhak atas edukasi yang terbaik. Karenanya, Tentang Anak berkomitmen untuk menghadirkan aplikasi yang dapat memudahkan para orang tua untuk mencari pengetahuan yang mereka butuhkan.

Pasalnya kata dr. Mesty, meskipun dirinya memiliki pengalaman sebagai dokter anak, ia dan pasangan juga merasakan sulitnya momen pertama sebagai orang tua dalam mengasuh anak. Hal tersebut menginspirasi pihaknya untuk membentuk sebuah ekosistem yang dapat membantu jutaan orang tua di Indonesia menjalani peran mereka dengan lebih baik.

“Saat kami memiliki anak pertama kami memiliki kecemasan dan kebingungan. Saya yakin banyak juga orang tua yang mengalami kesulitan seperti saya. Oleh karena itu kami pun akhirnya membuat platform ini, karena kami menyadari pentingnya bahwa kita sebagai orang tua harus dapat mengasuh anak dengan penuh kasih sayang dan kehangatan juga memiliki ilmu dan segala perlengkapan yang terbaik sehingga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang bahagia, sehat, merasa cukup dan bermanfaat,” kata dr. Mesty, saat sesi Konferensi Pers: Grand Launch Aplikasi & Pekan Tumbuh Tentang Anak, sebagaimana dipantau HerStory, Jumat (11/2/2022).

dr. Mesty melanjutkan, aplikasi yang digagasnya ini fokus pada pertumbuhan anak yang optimal di usia dini, karena 80% perkembangan otak anak terjadi di 2 tahun pertama kehidupan.

Menurutnya, pengasuhan anak yang baik, dukungan dari sekitar, sangat dibutuhkan hingga anak dapat tumbuh dan berkembang optimal. Salah satu caranya tentu dengan memiliki pengetahuan dan pengaplikasian pola pengasuhan yang baik yang sesuai dan terbukti dari segi ilmiah atau langsung dari ahlinya. 

“Setelah dua bulan hadir sebelum peluncuran resmi hari ini, aplikasi ini telah menduduki peringkat ke 3 di Apple Store kategori edukasi dan peringkat ke 4 kategori parenting di Play Store. Tentunya ini membangkitkan optimisme kami bahwa antusiasme masyarakat sangat luas, dan yang terpenting Tentang Anak dapat mempermudah perjalanan orang tua dalam mengasuh anaknya, dan penuh dengan pengalaman menyenangkan untuk keduanya,” papar dr. Mesty.

Fyi Moms, aplikasi Tentang anak merupakan aplikasi one stop solution parenting platform, satu-satunya aplikasi parenting yang telah mencakup fitur menu MPASI lengkap dengan hitungan nutrisi, aktivitas harian untuk si kecil, evaluasi tumbuh kembang, jadwal vaksinasi, hingga tanya jawab langsung dengan ahli setiap hari yang semuanya telah di personifikasi khusus sesuai kebutuhan si kecil.

Selain itu, Tentang Anak juga memiliki tim dedikasi untuk mengembangkan aplikasinya dengan optimal, dimana tim yang telah tergabung di Tentang Anak ini telah berpengalaman dan berasal dari berbagai top technology company atau unicorn seperti Shopee, Tokopedia, Gojek dan Gopay. 

Garri Juanda, Co-Founder Tentang Anak yang juga merupakan suami dr. Mesty, mengungkapkan, pihaknya sangat bersemangat melihat sang istri dan tim Tentang Anak yang sejalan dalam menciptakan dampak yang lebih baik bagi orang tua dan anak Indonesia kedepannya.

“Dengan pengalaman saya di dunia teknologi sebelumnya, saya ingin memastikan misi tersebut dapat berkelanjutan dan terukur sehingga bisa menghadirkan pengalaman parenting yang mudah, aman, terpercaya dan terlengkap bagi generasi selanjutnya melalui aplikasi Tentang Anak,” papar Garri.

Pria lulusan Harvard Business School yang sebelumnya sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia teknologi commerce seperti Rakuten dan Tokopedia ini bilang, Tentang Anak pun berkomitmen untuk terus berinovasi dan terbuka terhadap tanggapan para orang tua atau penggunanya guna memberikan pengalaman yang nyaman dalam mengaplikasikan pola asuh yang baik di rumah.

Di kesempatan yang sama, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA (K), yang juga selaku dewan penasihat Tentang Anak, pun mengapresiasi kehadiran platform edukasi ini.

“Ada suatu pepatah yang mengatakan, ‘it takes a village to raise a child!’, sehingga kita tidak bisa sendiri untuk mengoptimalisasi tumbuh kembang si kecil. Saya merasa bangga dapat bergabung dengan Tentang Anak sebagai dewan penasehat sehingga bidang parenting/early childhood dapat lebih diperhatikan dan tak tertinggal dalam segi teknologi, dan perlu bekerja sama antar stakeholders termasuk pemerintah, Ikatan Dokter Anak Indonesia, pihak swasta, dan masih banyak lagi,” tutur Prof. Hardiono.

Nah Moms, dalam rangka peluncuran aplikasi Tentang Anak secara resmi, Tentang Anak pun mempersembahkan rangkaian webinar dengan tajuk “Pekan Tumbuh Bersama Tentang Anak” dari 11 - 25 Februari 2022 secara virtual sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada para orang tua di Indonesia, dalam mengasuh generasi penerus bersama Tentang Anak.

Adapun berbagai pembicara dari #AhlinyaTentangAnak yang turut meramaikan agenda ini, seperti Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA (K), yang juga selaku dewan penasihat Tentang Anak; dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia; Dra. Mayke S. Tedjasaputra M.Si, Psikolog; Marsha Tengker, M. Sc., M. Psi., Psikolog;Tasya Kamila, S.E., MPA, dan masih banyak lagi.

So, jangan lewatkan setiap sesi dari event Tentang Anak, ya Moms!