Menu

Bisa Ditiru Nih Moms! Begini Cara Zaskia Sungkar Mengurus Bayi Kecilnya yang Terpapar Covid-19

14 Februari 2022 13:06 WIB

Irwansyah, Baby Ukkasya, dan Zaskia Sungkar (Instagram/irwansyah_15)

HerStory, Bogor —

Moms, saat si kecil sakit, apalagi terinfeksi virus Covid-19, pasti kita sebagai orang tua panik bukan main, kan?

Terlebih, jika kita memiliki anak yang tidak dapat mengungkapkan rasa sakit mereka dengan tepat. Padahal, hal ini bisa membantu kita melakukan diagnosis sementara. Nah, hal ini pun dirasakan Celebrity Moms, Zaskia Sungkar.

Di tengah kembali tingginya kasus positif Covid-19 di Indonesia, keluarga artis ini pun turut tumbang.

Ya, sang suami, Irwansyah, dinyatakan kembali terinfeksi virus Corona. Dan ironisnya, putra semata wayangnya, yakni Ukkasya Muhammad Syahki juga ikut tertular Covid-19.

Melihat anaknya jatuh sakit, kakak kandung Shireen Sungkar in pun merasa patah hati dan sedih.

“Panasnya sampai 39.9 derajat celcius, sebenernya aku panik banget tapi aku harus tetap tenang, supaya Irwansyah juga tenang. Dengan orang tuanya tenang, si anak juga ikut tenang pada akhirnya. Jadi seorang ibu perlu memiliki kontrol emosi di setiap momen,” tutur Zaskia, saat menjadi pembicara di webinar, belum lama ini.

Dikatakan Zaskia Sungkar, dalam kondisi anaknya sakit itu, bonding dengan Ukkasya harus tetap terjaga. Ia pun berprinsip bahwa saat merawat anak, sang ibu harus membingkai dirinya dengan perasaan bahagia.

“Dengan bersyukur, kita pasti enjoy. Masalah pasti ada pada setiap Ibu. Cara menyiasatinya, tenanglah dan kenanglah hanya hal baik yang telah diberikan orang sekitar kita,” imbuh Zaskia.

Kemudian, Zaskia Sungkar pun menceritakan pengalaman saat Ukkasya terpapar Covid-19. Kata dia, saat itu Ukkasya pun sempat mengalami GTM alias Gerakan Tutup Mulut yang kerap mendera anak-anak.

Namun sebagai ibu, Zaskia Sungkar pun pantang menyerah. Saat itu, solusinya, kata Zaskia, ia memberikan MPASI homemade yang dikeluarkan Nayz.

Fyi Moms, saat ini Nayz sebagai pelopor MPASI homemade organik pertama di Indonesia, memberikan solusi bagi selera makan anak dengan membuat beberapa varian bumbu dengan sayuran organik dengan ekstrak ayam, ikan, dan sapi.

Zaskia pun sangat bahagia mengenal Nayz yang berkomitmen mendukung dan membantu ibu dalam merawat anaknya, dengan menyediakan makanan pendamping ASI yang homemade, halal, dan organik.

“Sewaktu saya coba masakin Nayz Cereal, eh Ukkasya suka. Saya happy banget,” tukas Zaskia sumringah.

Terkait pengalaman Zaskia Sungar yang merawat buah hatinya terpapar Covid-19, Dokter Spesialis Anak RSIA Bunda Jakarta, dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, atau akrab disapa dr. Tiwi pun tak menampik bahwa kasus Covid-19 memang meningkat tajam dan berimbas pada ibu hamil serta ibu menyusui.

Bersyukurnya, kata dia, kasus Covid-19 pada anak memang banyak tapi tergolong ringan, hanya saja itu tetap menular, sehingga orang tua pun harus tetap mewaspadainya.

Lebih lanjut, dr. Tiwi pun menekankan bahwa sebagai ibu memang perlu memiliki keterampilan untuk mengontrol emosi dan lebih tenang dalam menghadapi si kecil yang sedang sakit.

Dan, terkait pemberikan makan untuk bayi yang terpapar Covid-19, kata dr. Tiwi, sebaiknya orang tua memberikan menu makan yang di dalamnya mengandung karbohidrat yang baik.

“Gak cuma itu, makanan untuk bayi yang sedang sakit pun harus mengandung protein hewani yang cukup, kemudian lemak yang baik untuk tumbuh kembang maksimal,” tutup dr. Tiwi.