Menu

Sering Dikonsumsi, Makanan Enak Ini Jadi Pemicu Kanker Payudara yang Paling Besar! Duh Setop Deh Mulai Sekarang

15 Februari 2022 06:45 WIB

Ilustrasi tumor payudara (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan di dunia yang banyak dialami wanita. Selain pola hidup yang gak sehat, sel kanker bisa berkembang karena asupan makanan tak sehat, seperti gorengan.

Pasalnya, mengonsumsi gorengan secara berlebihan, bukannya tak mungkin sel ini akan menyebar dan mengakibatkan kanker stadium lanjut. Untuk mengantisipasinya, berikut adalah 3 bahan makanan yang diduga menjadi penyebab kanker payudara.

1. Gorengan

Makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh perlu dihindari atau dibatasi lantaran kurang baik bagi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung dua lemak jahat ini bisa menyebabkan kanker payudara, nih Beauty.

Kandungan berupa lemak trans yang dapat menjadi penyebab kanker payudara biasanya terdapat pada makanan olahan dan kemasan, seperti biskuit dan camilan kemasan lainnya, hingga gorengan, kentang goreng, dan margarin.

2. Gula 

Gula memang bukan jenis makanan penyebab tumor payudara secara langsung. Namun, terlalu sering mengonsumsi gula yang berasal dari aneka biskuit, es krim, cokelat, dan lainnya bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara melalui peningkatan berat badan.

Kondisi tersebut yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan androgen. Ketika produksi kedua hormon tersebut tidak dapat terkendali, maka risiko kanker payudara dapat meningkat.

3. Makanan kalengan

Menurut sebuah riset  yang dipublikasikan dalam Environmental Research Journal, makanan kalengan umumnya dilapisi oleh bisphenol-A (BPA).

BPA adalah salah satu bahan kimia yang telah terbukti dapat merusak DNA di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Makanan kalengan juga diduga kuat dapat menjadi faktor makanan penyebab tumor payudara.

Beberapa jenis makanan kalengan, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan kalengan, pasta kaleng, dan sup kaleng.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.