Menu

Ini Cara Meredakan Batuk karena Infeksi Omicron Tanpa Obat, Mudah Banget!

15 Februari 2022 14:05 WIB

ilustrasi seseorang sedang batuk (freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Batuk menjadi salah satu kondisi yang patut diwaspadai akhir-akhir ini. Pasalnya batuk juga menjadi salah satu gejala terinfeksi virus corona varian Omicron.

Selain itu, batuk bisa sangat menganggu aktivitas dan membuat rasa di tenggorokan kurang nyawan. Ini merupakan refleks dari tubuh yang berguna untuk membersihkan iritasi dan lendir berbahaya dari saluran pernapasan.

Biasanya orang-orang menggunakan sirup obat batuk untuk mengobati kondisi ini. Tapi, jika salah mengonsumsi obat batuk bisa memiliki efek samping yang berbahaya sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan bahan alami.

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan terbaik untuk meredakan batuk seperti dilansir dari Boldsky (15/2/2022):

1. Teh Lemon, Jahe, dan Madu

Menyiapkan teh dari lemon, jahe dan madu adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengatasi batuk. Jahe adalah obat ampuh dan membantu mengurangi iritasi dari sakit tenggorokan. Madu juga memberikan lapisan pelindung pada selaput lendir.

2. Cuka Sari Apel dan Madu

Gabungkan cuka sari apel (ACV) dan madu untuk meredakan batuk. ACV berguna untuk mengatur tingkat pH  dalam tubuh sementara  madu melindungi selaput lendir.

3. Hindari Minuman Asam dan Soda

Pastikan untuk menghindari jus jeruk dan minuman berkarbonasi saat batuk. Hal ini karena asam dan soda diketahui dapat merangsang sekresi, sehingga menyebabkan iritasi berkepanjangan.

4. Hindari Makanan Dingin

Selain minuman asam dan soda, perlu juga menghindari makanan dingin saat sedang batuk. Hal ini karena dapat mengeringkan jalur pernapasan dan dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana

Artikel Pilihan