Menu

Masih Jarang Dilirik, 4 Manfaat Teh Chamomile, Mantap Betul Moms Khasiatnya!

16 Februari 2022 15:55 WIB

Chamomile tea (Unsplash/ORNELLA BINNI)

HerStory, Jakarta —

Teh chamomile termasuk kedalam golongan teh bebas kafein dan nyaman untuk dikonsumsi. Jenis teh ini berasal dari bunga chamomile (Matricaria recuita) dari negara Eropa. Bahkan, sejak zaman dahulu, teh chamomile sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh dan memiliki aroma yang sangat harum.

Diduga berbagai manfaat dari teh chamomile ini diperoleh dari kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya, seperti bisabolol, azolin, luteolin, dan apigenin. Karena berbagai kandungan inilah teh chamomile mempunyai khasiat sebagai antimikroba, antiradang, antioksidan, dan antikanker. Berikut ini beberapa manfaat dari teh chamomile bagi kesehatan yang disadur dari Alodokter. 

1. Meredakan Gejala Flu

Pada umumnya berbagai gejala flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat, dan demam, bisa membuat kamu merasa tak nyaman untuk melakukan aktivitas harian atau bahkan tidur. Agar gejala tersebut bisa mereda, kamu dapat mencoba minum seduhan teh chamomile hangat. Adanya khasiat antiradang pada teh chamomile ini mampu membantu mengurangi gejalanya dan mendukung proses pemulihan saat kamu terkena flu.

2. Meredakan Rasa Nyeri saat Menstruasi

Teh chamomile juga sering kali digunakan untuk meredakan dan mengurangi gejala nyeri menstruasi, termasuk kram pada perut. Selain itu beberapa penelitian juga mengatakan bahwa dengan minum teh chamomile ini dapat membantu mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi. Kamu bisa mendapatkan kedua  manfaat tersebut berkat kandungan azolin yang mempunyai peranan sebagai antiradang serta antinyeri alami, dan kandungan bisabolol yang bisa memberikan efek menenangkan.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teh chamomile juga diketahui mempunyai kandungan zat yang bersifat antikanker dan juga antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker saluran pencernaan, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker tiroid, dan kanker rahim. Akan tetapi, manfaat teh chamomile tersebut belum bisa menggantikan pengobatan kanker yang dilakukan secara medis, seperti operasi ataupun kemoterapi. Sampai saat ini, manfaat teh chamomile untuk menghambat pertumbuhan kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain menyegarkan, teh chamomile juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah pencernaan, terutama sakit maag, diare, dan mual. Manfaat ini diduga berasal dari adanya efek antiradang di dalamnya yang mampu mengurangi keasaam di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Teh chamomile juga dapat membantu menenangkan perut serta merelaksasi otot pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat mual.

Demikianlah beberapa manfaat teh chamomile untuk kesehatan tubuh. Meskipun umumnya aman dikonsumsi, tetapi pada beberapa kondisi kamu diharuskan untuk berhati-hati dalam meminum teh chamomile.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan