Menu

Setelah Bangun Tidur, Jangan Lewatkan Ngulet Karena Bisa Membantu Kesehatanmu, Beaurty

17 Februari 2022 07:40 WIB

Ngulet atau Menggeliat Setelah Bangun Tidur (Shutterstock/Nenad Aksic)

HerStory, Jakarta —

Beauty, biasanya kamu kalau bangun tidur melakukan kegiatan ngulet tidak? Ngulet sendiri pada umumnya merupakan respons tubuh setelah lama tak melakukan pergerakan.

Kebanyakan orang ngulet saat bangun tidur agar tubuh terasa lebih segar. Ini adalah hal yang bagus. Pasalnya, ngulet setelah bangun tidur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh

Ngulet dapat meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh. Karena itu, setelah ngulet kamu akan merasa lebih segar karena lebih banyak oksigen yang masuk kedalam paru.

2. Menghilangkan ketegangan pada otot

Selain membuat badan terasa lebih segar, ngulet mampu menghilangkan ketegangan pada otot. Aktivitas ini biasanya dilakukan agar tubuh seperti di-restart kembali saat bangun tidur. 

Tak hanya itu, setelah ngulet kamu akan memiliki kesadaran penuh atas kendali otot setelah diistirahatkan.

3. Redakan nyeri sendi

Melansir American Council on Exercise (ACE), Kamis, (17/2/2022), ngulet pada pagi hari bisa meredakan nyeri sendi. 

Nyeri sendi biasa terjadi akibat peningkatan cairan di sendiri dan tulang belakang selama tidur semalaman, terlebih bila posisi tidur horizontal. Maka sangat disarankan untuk ngulet guna mengatasi nyeri tersebut.

4. Melancarkan aliran darah

Ngulet termasuk salah satu peregangan yang baik dilakukan setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu melancarkan aliran darah, termasuk ke dalam otak. 

Saat aliran darah lancar tingkat konsentrasi akan meningkat tajam dan menurunkan kadar stres karena badan terasa rileks.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan