Menu

Singkong Vs. Kentang Mana yang Lebih Bergizi Sebagai Pengganti Nasi?

17 Februari 2022 19:55 WIB

Kentang Goreng (Doyan Resep/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Singkong dan kentang seringkali digunakan sebagai makanan pengganti nasi bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Pasalnya, kedua makanan ini juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Nah, dilihat dari keseluruhan nilai gizinya, baik singkong maupun kentang memiliki kedudukan yang setara. Sehingga, keputusan untuk memilih singkong atau kentang sebagai camilan sebenarnya ada di tangan Beauty sepenuhnya.

Akan tetapi, kalau kamu ingin menggunakan salah satu dari kedua umbi tersebut sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, singkong mungkin adalah pilihan yang lebih baik daripada kentang.

Ini karena setiap 230 gram singkong mengandung 78 gram karbohidrat total. Bila setiap 1 gram karbohidat mengandung 4 kalori, maka ini setara dengan 312 kalori atau 95 persen kebutuhan karbohidrat harianmu, Beauty.

Sementara, kandungan karbohidrat pada kentang setara dengan 66-90 persen kebutuhan karbohidrat harian. Jika dilihat dari nilai glikemiknya, singkong juga lebih unggul daripada kentang.

Berdasarkan tabel nilai IG dari Harvard Medical School, nilai IG dari 100 gram kentang rebus adalah sekitar 78 sementara nilai glikemik per 100 gram singkong adalah sekitar 55.

Semakin rendah nilai glikemik suatu makanan, makin sedikit pengaruhnya terhadap peningkatan kadar gula darah. Maka dapat disimpulkan bahwa singkong dapat menggantikan nasi lebih baik daripada kentang.

Berapa porsi singkong dan kentang yang harus dikonsumsi untuk menggantikan nasi?

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram nasi mengandung 175 kalori, 4 gram protein, dan 40 gram karbohidrat.

Untuk mendapatkan nilai gizi yang sama, Beauty dianjurkan untuk makan dua buah kentang berukuran sedang (210 gram) atau 1,5 potong singkong (120 gram).

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari