Menu

Gak Cuma Bikin Cantik, Tanaman Ini Juga Bisa Usir Nyamuk di Rumah Lho Moms! Salah Satunya...

21 Februari 2022 07:55 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang merawat tanaman. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

penting sekali untuk mengusir nyamuk dari rumah karena selain sangat mengganggu serangga itu bahkan bisa menimbulkan penyakit seperti demam berdarah. Biasanya, untuk mengusirnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah seatunya dengan penyemprotan menggunakan bahan kimia.

Ternyata, tanpa menggunakan bahan kimia, kamu juga bisa mengusir nyamuk dengan berbagai jenis tanaman yang juga dapat mempercantik tampilan di ruangan dan sudut-sudut rumah kamu lho.

Dilansir dari laman garden design, berikut 7 rekomendasi tanaman pengusir nyamuk.

1. Lavender

Salah satu tanaman yang sudah dikenal dapat digunakan untuk mengusir nyamuk adalah Lavender. Aroma dari minyak esensial yang ada pada daun lavender dipercaya membuat nyamuk menjauhinya.

Lavender mampu bertahan di berbagai kondisi musim. Namun, mereka memerlukan cahaya matahari dan drainase yang baik.

2. Marigold

Bunga tahunan satu ini tak hanya cantik namun juga ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanam marigold di dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk rumah untuk mengusir berbagai jenis serangga.

Selain mengusir nyamuk, marigold juga dapat mencegah kutu daun, lalat putih, hingga cacing tanduk tomat. Oleh karena itu, marigold sering digunakan sebagai tanaman pembatas pada kebun sayur.

3. Catnip

Tanaman yang berasal dari keluarga mint ini dapat ditemukan tumbuh subur hampir di mana saja. Perawatan catnip pun cukup mudah. Namun di satu sisi, catnip juga bisa merusak tanaman lain di sekitarnya. Jadi, jauhkan catnip dari tanaman di dalam rumah kamu.

Brooklyn Botanical Garden menyebutkan bahwa catnip merupakan tanaman pengusir nyamuk yang luar biasa. Pada sebuah penelitian di Lowa, catnip telah terbukti sepuluh kali lebih efektif dari DEET, bahan kimia yang digunakan di sebagian besar produk pengusir serangga.

4. Rosemary

Aroma kayu yang cukup kuat pada rosemary rupanya menjadikannya tanaman pengusir nyamuk yang cukup hebat. Rosemary bekerja secara maksimal di wilayah beriklim panas dan kering.

Mereka juga dapat dipangkas dalam beragam bentuk dan ukuran sehingga selain dapat mengusir nyamuk, rosemary juga dapat mempercantik ruangan kamu.

5. Kemangi

Bau menyengat dari daun kemangi inilah yang membuat nyamuk ingin menjauhinya. Kemangi menyukai tempat yang lembab dengan drainase yang baik dan sinar matahari yang cukup.

Kamu dapat menanam kemangi di dalam wadah atau di kebun secara langsung, baik sendiri maupun dipadukan dengan tanaman lain.

6. Citronella Grass

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah citronella grass atau serai. Tanaman dengan perawatan yang mudah ini paling baik ditanam di lahan yang cukup luas karena tak tahan dengan embun beku. Tetapi di iklim yang lebih hangat, dapat ditanam langsung di area yang cerah.

7. Bee balm

Bee balm atau Monarda merupakan tanaman yang dapat menarik lebah dan kupu-kupu. Namun di sisi lain, mereka sangat dibenci oleh nyamuk.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, petik beberapa daun bee balm, dan hancurkan untuk menjadikannya cairan berbau harum.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.