Menu

Picu Batu Ginjal, 8 Makanan Ini ‘Haram’ Dikonsumsi Berlebihan! Nomer 6 Padahal Sehat…

21 Februari 2022 14:51 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Bogor —

Beauty, batu ginjal kini jadi penyakit yang cukup umum bagi orang-orang. Dan jika kamu bertanya-tanya apa pemicunya, alasannya sangat sederhana, kekurangan air!

Ya, salah satu penyebab utama batu ginjal adalah kurangnya hidrasi. Air dikenal sebagai sumber kehidupan karena suatu alasan, dan kekurangannya dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk batu ginjal.

Ketika tubuhtidak mendapatkan cukup air, akibatnya tak bisa mengencerkan asam urat, yang selanjutnya mengarah ke urin yang lebih asam. Dan, lingkungan asam di ginjalmu akan menghasilkan pembentukan batu ginjal.

Tak hanya kurang air, pemicu lainnya dari batu ginjal adalah kelebihan oksalat atau fosfat dalam tubuh, yang dapat menempel pada kalsium yang ada di ginjal dan mengkristal untuk membentuk batu. Karenanya, untuk mencegah batu ginjal, diet seimbang dengan jumlah hidrasi yang baik sangat penting.

Kamu pun harus tahu bahwa ada banyak makanan yang sering menyebabkan pembentukan batu ginjal, Beauty, jadi sebaiknya hindari. Apa saja makanan itu? Dikutip dari Times of India, simak ulasannya di bawah ini, Beauty.

1. Sodium

Satu hal terpenting yang harus kamu lakukan agar terhindar dari penyakit ini adalah menurunkan asupan natrium, yaitu makan makanan dengan sedikit garam.

Natrium mempromosikan penumpukan kalsium dan memiliki kelebihan, akibatnya akan mengakibatkan batu ginjal. Jadi, buanglah makanan cepat sajimu, Beauty, karena mereka hanyalah pembangkit tenaga natrium. Dan konsumilah makanan dengan sedikit garam saat kamu makan. Yakin deh, kebiasaan sederhana ini dapat membantu menyelamatkanmu dari kondisi menyakitkan akibat batu ginjal, Beauty.

2. Vitamin C

Selain memiliki banyak manfaat, nyatanya vitamin C berbahaya bagi tubuh, lho Beauty. Kok bisa? Vitamin C memang sangat bermanfaat, tetapi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan alias overdosis, maka senyawa dalam vitamin C itu dapat menimbulkan beberapa efek samping.

Jadi, batasi asupan vitamin C-mu hingga 500mg, karena tubuh kita tidak memiliki cara khusus untuk menyimpannya. Jika berlebih, efeknya mengarah pada produksi oksalat yang membentuk batu ginjal.

3. Minuman ringan

Meski menyegarkan, nyatanya minuman bersoda adalah pemicu batu ginjal. Asam fosfat yang ditemukan dalam soda sangat berbahaya bagi tubuh, dan karena mengandung fosfat, mereka menyebabkan batu ginjal.

Ingat Beauty, mengkonsumsi minuman soda berlebihan dapat menyebabkan overdosis, yang dapat menyebabkan batu. Tidak ada cara bagi tubuh kita untuk menahan kelebihan fosfat, sehingga mengkristal dan membentuk batu ginjal.

4. Protein hewani

Ya, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani seperti daging merah, seafood dll, juga menjadi salah satu penyebab batu ginjal.

Sebaiknya, konsumsilah protein yang menyehatkan jantung, Beauty. Protein hewani meningkatkan kadar asam urat dan mengurangi kadar sitrat. Menariknya, sitrat membantu menghentikan pembentukan batu, sedangkan asam urat menyebabkan pembentukan batu. Jadi, batasi asupan protein hewani jika kamu tak ingin menderita batu ginjal.

5. Rhubarb

Rhubarb adalah salah satu makanan utama yang harus kamu hindari jika tak mau menderiya batu ginjal, Beauty. Mereka tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tetapi jika kamu terlanjur menderita batu ginjal, kamu harus menghindari sayuran ini.

Rhubarbmemiliki persentase asam oksalat tinggi yang sangat berbahaya bagi batu ginjal. Ini dapat menyebabkan batu mengkristal lebih banyak dan menyebabkan batu ginjal yang lebih besar.

6. Bayam

Selama ini bayam dikenal sebagai sayuransehat dan harus dikonsumsi setiap saat. Tapi ternyata sayuran ini bisa sangat mengejutkanmu, Beauty. Ya, 100 gram bayam nyatanya mengandung hampir 1 gram asam oksalat. Jadi, hindari memakannya ketika kamumemiliki batu ginjal karena dapat memperburuk kondisi ginjalmu, Beauty.

7. Gula

Hindari produk yang mengandung gula tambahan, yang dimulai dari cokelat dan permen, bahkan termasuk granola dan batangan protein.

Jadi, sebelum membeli sesuatu, pastikan kamu memeriksa daftar bahannya. Beban gula tambahan mengurangi volume urin dan meningkatkan volume kalsium urin yang merupakan keseimbangan sempurna asam yang membentuk batu.

8. Produk kedelai

Dengan meningkatnya produk kedelai, semua orang ikut-ikutan untuk diet yang lebih sehat. Tetapi, yang tak mereka ketahui adalah bahwa kedelai bisa sangat berbahaya untuk batu ginjal.

Kedelai memiliki banyak oksalat yang hanya dapat diekskresikan melalui urin, dan saat melewati ginjal, ia menempel pada kalsium dan menghasilkan pembentukan batu ginjal. So, lebih baik batasi asupan produk kedelai, ya Beauty, dan perlu diingat bahwa penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Semoga informasinya bermanfaat!

Artikel Pilihan