Menu

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mata Minus Tambah Parah

22 Februari 2022 12:15 WIB

Ilustrasi kesehatan mata. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Mata minus merupakan salah satu gangguan penglihatan yang banyak dialami. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tak sehat. Nah, ternyata ada kebiasaan sehari-hari juga yang bikin mata minus tambah parah lho. Kira-kira apa saja? Simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (22/2/2022).

1. Memakai lensa kacamata yang tak sesuai

Pemakaian kacamata yang kurang tepat bisa menjadi salah satu penyebab minus mata bertambah parah. Jika perhitungan lensa meleset sedikit saja maka kamu akan memiliki kacamata yang berlensa buram, hal tersebut akan mengakibatkan penglihatan semakin kabur. Jika terus dibiarkan, mata yang minus pun berisiko memperparah kondisi mata.

2. Membaca di cahaya redup

Otot-otot mata akan bekerja lebih keras untuk menangkap objek jika kamu membaca ditempat dengan cahaya yang redup. Jika kamu melakukan hal tersebut secara terus-menerus, pertambahan mata minus tidak bisa kamu hindari lagi, alias semakin parah.

3. Tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus

Jika kamu penderita mata minus dan tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus, hal tersebut akan membuat mata semakin bekerja keras untuk menyesuaikan penglihatan. Semakin sering kamu melakukan hal tersebut, pertambahan minus pada akan semakin cepat kamu rasakan. 

4. Tidak memperbaiki kebiasaan membaca atau memakai gadget

Cara membaca atau menggunakan gadget yang kurang tepat bisa menjadi salah satu penyebab mata minus kamu bertambah dengan cepat. Mata minus juga berpotensi bertambah jika kamu terlalu dekat dan lama melihat layar ponsel dan laptop

5. Sering terpapar sinar ultraviolet

Kerusakan pada otot-otot penunjang penglihatan bisa juga disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Kamu akan mengalami perburukan kondisi mata minus jika sering terpapar sinar ultraviolet.

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat mata minus semakin parah. Sebaiknya segera hindari ya!

Artikel Pilihan