Menu

Beauty Ini Lho 5 Makanan 'Ajaib' Penambah Darah Alami, Cocok Banget untuk Atasi Anemia!

07 Maret 2022 06:55 WIB

Kacang Almond (Unsplash/Tetiana Bykovets)

HerStory, Jakarta —

Makan makanan yang sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh dan juga kelangsungan hidup. Menjalani diet yang sehat dengan menjaga semua nutrisi dan gizi makanan dapat membuat organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama dan membuat aktivitas sehari-hari lebih ringan. Salah satu yang terpenting adalah makanan penambah darah untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah anemia.

Aliran darah kamu adalah bagian penting dari membawa semua nutrisi dan oksigen ke tempat yang dibutuhkan tubuh kamu. Pola makan yang sehat dapat membantu melancarkan peredaran darah tanpa obat.

Cobalah makanan sehat seperti berikut ini, yang dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan secara keseluruhan. Mereka bahkan dapat membantu mencegah kondisi serius seperti serangan jantung , trombosis vena dalam, dan tekanan darah tinggi hingga anemia.

Melansir dari berbagai sumber, simak berikut ini beberapa makanan penambah darah yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

1. Kacang Almond

Kacang dianggap sebagai camilan ringan atau topping salad yang sempurna. Almond dikemas dengan vitamin E dan lemak sehat, dan juga memiliki sifat antioksidan. Diet kaya almond ditemukan dalam sebuah penelitian untuk meningkatkan aliran darah. 

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan potasium yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Natrium yang terlalu banyak dalam makanan kamu akan menyebabkan tekanan darah tinggi, namun kalium akan membantu ginjal untuk mengeluarkan natrium dari tubuh kamu melalui urin. Hal ini membantu melemaskan pembuluh darah serta memperlancar aliran darah.

3. Bit

Akar bit adalah makanan super yang kaya akan nitrat. Nitrat baik untuk kamu karena tubuh kamu mengubahnya menjadi oksida nitrat, yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan organ di seluruh tubuh kamu. Manfaat besar lainnya: jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah sistolik kamu.

4. Wortel

Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan, dan wortel dapat memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum jus wortel setiap hari menurunkan tekanan darah sistolik. Ada kemungkinan jus wortel melindungi sistem kardiovaskular dengan meningkatkan status antioksidan total. 

5. Kayu manis

Bumbu favorit yang ditaburkan di atas semangkuk oatmeal atau minuman panas, kayu manis telah ditemukan untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, yang membantu meningkatkan aliran darah.

Demikian informasi mengenai makanan penambah darah. Selain makanan di atas, ada juga beberapa makanan lainnya yang membantu menambah darah seperti buah jeruk, jahe, kunyit, biji bunga matahari, dan kenari.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan