Menu

Gak Cuma Bikin Rumah Aesthetic, Ternyata Kelebihan dari Lantai Vinyl Juga Bisa Bikin...

08 Maret 2022 07:50 WIB

Ilustrasi lantai vinyl. (Pinterest/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Penggunaan lantai vinyl kini sangat digandrungi karena selain bisa mempercantik ruangan, lantai vinyl bisa membuat ruangan terkesan aesthetic dan cocok di berbagai konsep ruangan.

Bukan hanya membuat ruangan jadi lebih estetik, ternyata ada kelebihan lantai vinyl lainnya yang wajib diketahui.

Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak 5 kelebihan lantai vinyl yang telah dirangkum dari laman Hops.id---Jaringan sindikasi konten Suara.com berikut ini.

Sebelum membahas kelebihannya, alangkah lebih baik mengetahui dulu apa itu karpet atau lantai vinyl. Karpet vinyl adalah bahan penutup permukaan lantai yang terbuat dari bahan PVC dan pasir putih. Hasilnya tercipta material yang memiliki daya lentur, baik, dan nyaman dipijak kaki telanjang.

1. Tekstur nyaman

Tekstur halus karpet vinyl tentu nyaman untuk diinjak dengan kaki telanjang atau diduduki. Hal ini disebabkan oleh lapisan bawah karpet vinyl yang mengandung busa.

2. Motif dan warnanya beragam

Karpet vinyl mempunyai berbagai macam warna dan motif. Dimulai dari warna gelap hingga terang dan motif kayu hingga batu alam. Dengan demikian, kita bisa menyesuaikan warna dan motif sesuai konsep interior yang diinginkan. Tak heran jika karpet vinyl sangat populer dan diburu banyak orang.

3. Perawatan dan pemasangannya mudah

Jangan pikir bahwa pemasangan dan perawatannya sulit, ya! Faktanya, karpet vinyl ini cukup mudah dipasang tanpa bantuan tukang atau kuli bangunan.

Kamu hanya perlu merekatkannya ke permukaan lanti yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tak perlu di atas semen atau plesteran, bisa langsung dipasangkan di atas lantai keramik yang sudah terpasang di rumahmu.

Untuk perawatannya, cukup disapu dan dipel secara rutin. Tak perlu khawatir akan hancur karena bahan vinyl mampu menyerap air dan noda. Jika sampai terjadi kerusakan seperti sobek, kamu bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu membongkar seluruh bagian karpet.

4. Mengandung sedikit PVC

Karpet vinyl dibuat dengan bahan PVC yang mengadung zat VOC. Zat ini mampu mencemari udara di dalam ruangan dan bisa membahayakan kesehatan pengghuninya.

Namun tak perlu khawatir, kini produsen karpet vinyl sudah mulai mengurangi kadar PVC tanpa mengurangi kualitasnya.

5. Awet

Tak bisa dipungkiri bahwa karpet vinyl mempunyai tingkat ketebalan yang tipis. Namun jangan salah, walaupun tipis, karpet vinyl mempunyai kekuatan yang sangat baik. Menurut para produsen karpet, bahan vinyl bisa bertahan hingga 20 hingga 25 tahun.

Salah satu faktor yang menjadikannya awet karena campuran bahan kimia yang digunakan. Berkat ketahanannya yang menakjubkan, karpet vinyl bisa membantu meningkatkan nilai atau harga rumah jika suatu hari rumah hendak dijual, lho!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan