Menu

Waduh, Bisa Bahaya! Penyakit Ini Mengintai Kalau Kamu Kurang Minum Air Putih, Hati-hati Ya!

09 Maret 2022 08:45 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang minum air putih. (Fragrancex.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

60 persen tubuh manusia diketahui terdiri dari air. Itulah mengapa hidup kita memang sangat lekat dengan air putih selain untuk melepas dahaga juga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Bukan hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi, dengan mengonsumsi air putih secara rutin fungsi tubuh dan otak akan bekerja secara normal serta optimal.

Selain minum air putih, seseorang juga bisa bisa terhidrasi dengan optimal dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar air cukup tinggi seperti tomat, semangka, timun dan masih banyak lagi lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, tak sedikit pula orang-orang yang terhitung masih kurang dalam mengonsumsi air putih.

Minuman manis dan alkohol, ternyata dapat menghilangkan cairan di dalam tubuh serta penyakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum dari laman Hops.id--Jaringan sindikasi konten Suara.com 5 masalah kesehatan yang diakibatkan kebiasaan kurang minum air putih.

1. Berpotensi terserang stroke

Menurut sebuah penelitian di BMC Cardiovascular Disorders, dehidrasi dapat meningkatkan risiko stroke dan memperpanjang waktu pemulihan, jika kamu pernah mengalami sakit itu.

Jadi, untuk menjaga jantungmu dalam kondisi prima, perhatikan seberapa banyak kamu minum. Jika air kencingmu berwarna kuning tua maka segeralah minum banyak air.

2. Sakit kepala

Karena otak membutuhkan air, bila kurang dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Sakit kepala karena dehidrasi bisa hilang tanpa perlu minum obat. Cukup perbanyak minum.

3. Kulit menjadi rusak

Kulit kita membutuhkan air agar tetap sehat dan terhidrasi. Tak cukup minum dapat meningkatkan efek penuaan. Dengan air yang tidak mencukupi, kolagen dapat retak, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

4. Mudah lelah

Saat mengalami dehidrasi, kamu akan merasakan energimu menurun, karena sejatinya air membantu menjaga pikiranmu tetap fokus dan tubuh seimbang.

Jika kamu tak cukup minum di siang hari, energimu akan merosot di sore hari dan kamu akan mungkin merasa terlalu lelah untuk melanjutkan aktivitas di malam hari. Siapkan botol air sebagai pengingat agar selalu minum sepanjang hari.

5. Metabolisme tubuh melambat

Air dibutuhkan untuk setiap fungsi dalam tubuh, jadi ketika kamu dehidrasi, metabolismemu secara alami melambat—begitu juga dengan tingkat energimu. Tetaplah terhidrasi dengan baik.

Itu dia tadi 5 masalah kesehatan yang diakibatkan dari kurangnya mengonsumsi air putih. Jadi, yuk kita merubah kebiasaan dengan rajin minum air putih agar tubuh tetap sehat terhidrasi.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.