Menu

Bikin Selalu Bugar dan Energik, Tips Diet Ini Cocok Banget untuk Calon Pengantin! Fiks Pada Pangling saat Hari-H!

14 Maret 2022 08:55 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Dalam menyiapkan pernikahan pasti ada kerja keras yang harus disiapkan menjelang hari besar dan bahagia itu. Perawatan tubuh dengan mengunjungi salon, rangkaian acara keluarga, memilih tempat acara, menyebar undangan, dan lain-lain.

Di tengah semua ini, makan makanan sehat seakan menjadi hal yang terlupakan.

Padahal, pasangan yang berencana untuk menikah harus mempertahankan rencana diet yang sehat, namun mudah, sederhana dan berkelanjutan meskipun jadwal mereka sibuk dan kacau.

Nah, berikut adalah beberapa tips diet dasar untuk calon pengantin agar merasa sehat, bugar, dan energik sebelum dan saat hari pernikahan mereka, seperti dilansir Boldsky.

Tips 1: Minumlah seenggaknya dua hingga tiga liter air setiap hari. Selain itu, kamu bisa minum air lemon tanpa gula, air kelapa, buah-buahan dengan kadar air tinggi, dan jus sayuran agar tubuh tetap terhidrasi setiap saat.

Tips 2: Makanlah karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana, seperti gandum utuh, ragi, oat, roti cokelat, pasta cokelat, dan lainnya. Pastikan piring kamu berisi salad, protein, dan sayuran hijau. Selain itu, sertakan lentil seperti kacang merah, buncis dan lainnya.

Tips 3: Konsumsi lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, walnut, biji rami, biji chia, dan biji bunga matahari kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6, yang dianggap sebagai lemak sehat untuk kulit dan rambut kamu.

Tips 4: Siapkan salad dengan sayuran mentah seperti wortel, mentimun, dan tomat. Salad dapat dimakan dengan makanan atau secara terpisah. Sayuran memberikan perlindungan antioksidan terhadap radikal bebas.  

Tips 5: Dianjurkan untuk makan buah segera, dalam waktu lima sampai sepuluh menit setelah bangun tidur. Kamu juga harus makan buah di antara waktu makan.

Tips 6: Ada lima makanan yang perlu kamu makan untuk kulit bercahaya sebelum pernikahan kamu: bit, tomat, stroberi, delima, dan almond.

Tips 7: Buatlah makanan kamu sesederhana mungkin. Hindari bereksperimen dengan makanan baru. 

Tips 8: Jadikan makanan penutup sebagai makanan terpisah, sebaiknya di pagi hari. Hindari makan yang manis-manis di akhir makan kamu. 

Tips 9: Jadilah aktif. Jika kamu sulit ke gym, cobalah jogging atau berjalan dengan langkah cepat. Gerakan teratur juga dapat membantu meringankan tingkat stres kamu.

Tips 10: Hindari tepung putih, gula putih, nasi putih, dan lainnya. Hindari makanan manis dan olahan, lemak trans dalam makanan seperti kue, kue kering, biskuit, dan jus kalengan. Jika kamu sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau memperbaiki kulit, alkohol juga harus dihindari.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan