Menu

Beauty Ini Lho Kebiasaan Baik yang Bisa Bikin Hidup Kamu Mudah Dijalani, Bisa Latih Fokus Hingga Meningkatkan Performa Kerja Juga!

14 Maret 2022 14:25 WIB

Ilustrasi bekerja dengan camilan sehat. (Freepik/senivpetro)

HerStory, Jakarta —

Agar hidup terasa lebih ringan dan menjalani pekerjaan dengan maksimal, kita mesti menjalani sesuatu yang baik juga untuk mencapainya. Maka dari itu, kita sangat perlu paham dengan pekerjaan yang akan kita jalani dan juga langkah-langkah untuk mengerjakannya.

Selain itu, kita juga harus tahu bagaimana cara mengatur pola kerja sehingga bisa meningkatkan performa kita. 6 kebiasaan di bawah ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa kerja, sehingga hasil yang diberikan bisa lebih maksimal.

1. Mencari kejelasan

Mencari kejelasan dalam konteks ini berarti memahami apa yang sedang kamu kerjakan dan apa tujuan utamanya. Hal ini berkaitan dengan jenis pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Misalnya, kamu adalah seorang akuntan yang bekerja di suatu firma keuangan dengan target pencapaian sekian persen. Dengan menentukan target dan memahami tujuan utama dari pekerjaanmu, hal tersebut membuatmu fokus dengan tujuan tersebut dan tak mudah terdistraksi.

2. Menghasilkan energi

Kita sering terlupa dengan kesehatan fisik ketika bekerja, sehingga mudah merasa lelah. Maka dari itu, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performamu tanpa melupakan waktu istirahat yang cukup. Lakukan sedikit peregangan pada tubuh atau tidur selama kurang lebih 5 menit untuk menghasilkan energi yang lebih besar. Menyadur dari medicalnewstoday, tidur 5 menit akan merelaksasi otot otot yang tegang sehingga lebih rileks ketika bekerja kembali.

3. Memaksimalkan kemampuan

Semua orang pasti memiliki tingkat kemampuan masing masing. Namun, jika kamu masih memiliki waktu dan tenaga, tak ada salahnya untuk memaksimalkan kemampuanmu dengan belajar atau mencoba hal baru. Kebiasaan ini bukan hanya akan membuatmu menemukan potensi dalam dirimu, tetapi juga melatih kinerja otak dalam menguasai banyak hal.

4. Meningkatkan produktivitas

Siapa bilang produktivitas hanya bisa berjalan konstan? Dengan menerapkan metode pomodoro atau melatih otak untuk berpacu dengan waktu, hasilnya akan membuatmu lebih produktif dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Mencoba memberikan pengaruh

Pengaruh di sini berarti suatu hal yang bisa membuat orang lain yakin kepadamu. Coba kamu tanyakan kepada orang di sekitarmu, apa kelebihanmu yang ada di mata mereka? Kelebihanmu tersebut bisa kamu salurkan kepada orang lain sehingga bukan hanya dirimu yang berkembang, tetapi juga orang orang disekitarmu.

6. Menunjukkan keberanian

Performa kerjamu bukan hanya bisa ditunjukkan dengan pekerjaanmu, tetapi juga bagaimana kamu bersikap. Tak ada salahnya untuk aktif saat rapat atau sekadar memberi saran kepada orang lain dalam bekerja. Seenggaknya, hal tersebut mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang berani dan mampu untuk mengoreksi sesuatu.

Tentu saja, semuanya harus bisa dilakukan sesuai porsi. Kita tak perlu menjatuhkan orang lain demi memperlihatkan performa kita. Cukup dengan ketekunan dan kesabaran, hingga nanti hasilnya bisa kamu tuai di kemudian hari.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan