Menu

Rekomendasi Pembalut yang Aman Untuk Kesehatan Organ Intim dan Kulit Sensitif

15 Maret 2022 16:45 WIB

Illustrasi wanita membeli pembalut (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Tangerang —

Para wanita yang masih berada dalam masa subur, setiap bulannya akan mengalamu siklus menstruasi. Pembalut yang digunakan pun untuk membantu menyerap darah haid yang moms alami.

Ada berbagai banyak jenis dan bentuk produk pembalut yang ada di pasaran, semua tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, sebenarnya penting untuk memilih kriteria pembalut yang aman untuk digunakan. Apa saja? Ini ulasan selengkapnya, dilansir dari Orami.co.id, Selasa (15/3/2022).

Kriteria Pembalut yang Aman

Sebelum moms membeli produk pembalut yang telah beredar di pasaran, moms harus teliti terhadap hal yang paling sederhana, seperti tanggal kadaluwarsanya.

Tentunya memakai produk yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya bisa membahayakan kesehatan. Dan pastikan produk yang moms beli adalah pembalut yang aman, tidak rusak dan kemasan belum terbuka segelnya.

Dan pastikan juga moms pilih pembalut yang tidak memiliki bau atau pewangi terutama jika moms memiliki kulit yang sensitif.

Dilansir dari Orami.co.id, ada beberapa syarat pembalut yang aman menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), di antaranya:

  • Memiliki izin edar dan telah melewti uji keamanan, mutu dan kemanfaatan produk dari laboratorium yang terakreditasi. Untuk memastikannya, moms juga bisa melihat ijin edar AKL atau AKD yang tercantum pada kemasan.
  • Pembalut yang dipakai memenuhi persyaratan sesuai SNI tentang pembalut wanita, yaitu memilki daya serap minimal 10 kali dari bobot awal dan tidak berfluoresensi kuat.
  • Pembalut wanita dilarang menggunakan gas chlorin dalam proses pemutihan terhadap bahan baku yang digunakan, karena bisa menghasilkan senyawa berbahaya yang berpotensi tingkatkan risiko terkena kanker.
  • Pembalut wanita juga berbentuk lemabaran pad terbuat dari bahan selulose atau sintetik

Dari beberapa syarat pembalut yang aman menurut Kemenkesn berikut ada merek pembalut yang aman untuk kulit sensitif.

Salah satu kriteria pembalut yang aman adalah tak mengandung pemutih yang dapat memicu kanker.

1.Charm Extra Comfort Maxi Non Wing

Salah satu merek pembalut yang aman untuk kulit sensitif. Didesain dengan teknologi double block line, yakni mencegah pembalut bocor.

2. Charm Safe Night

Charm Safe Night 35 cm pembalut yang aman lainnya untuk kulit sensitif. Cocok digunakan untuk tidur di malam hari sampai pagi.

Terdapat fleksibel butterfly wing yang membuat pembalut semakin rekat dan tak mudah lepas. Dan memiliki zona tripel proteksi yang menyeluruh.

3. Softex Daun Sirih

Pembalut ini aman dan diklaim halal. Mengandung ekstrak alami daun sirih yang mempu mengurangi bau di area vagina, yang merupakan antiseptik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri, sudah teruji secara klinis untuk kulit sensitif.

4. Laurier Healthy Skin

Pembalut yang aman selanjutnya ada Laurier Healty Skin, dengan inovasi baru 3D pori bergelombang dapat menyerap cairan dalam seketika.

Mampu meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut akan tetap kering.

Itu dia beberapa jenis pembalut yang aman dan bisa jadi pilihan moms dan selalu pastikan pembalut yang dipakai terjamin keamaannya, ya moms!

Artikel Pilihan