Menu

Moms, Ketahui Siklus Menstruasi Bisa Meningkatkan Peluang untuk Hamil Lho

16 Maret 2022 20:57 WIB

Wanita hamil (Freepik.com/drobotdean)

HerStory, Tangerang —

Pada saat kamu mencoba untuk hamil, waktu adalah segalanya. Melacak siklus menstruasi bisa membantu kmau mengidentifikasi waktu yang tepat untuk memulai prosesnya sehingga meningkatkan peluang untuk hamil.

Siklus menstruasi dimulai pada hari ketika periode dimulai dan berakhir sehari sebelum periode berikutnya. Hari pertama periode dianggap sebagai hari pertama seklus mentruasi.

Panjang siklus menstruasi biasanya rata-rata adalah antara 28 dan 32 hari. Beberapa wanita memiliki siklus yang lebih pendek, sementara yang lain memiliki siklus yang lebih lama, melansir dari Akurat.co, Rabu (16/3/2022).

Menurut Medical News Today "Siklus menstruasi adalah waktu dari hari pertama seorang wanita ke hari sebelum periode berikutnya," kata Toni Belfield

Siklus mentruasi dikendalikan oleh hormon. Dalam setiap siklus peningkatan kadara hormon estrogen menyebabkan ovarium berkembang dan melepaskan sel telur (ovulasi). Lapisan rahin juga mulai menebal.

Periode menstruasi

Periode menstruasi biasanya berlangsung dari tigas hingga tujuh hari. Pendarahan cenderung paling berat dalam dua hari pertama.

Moms akan kehilangan sekitar 30 hingga 72 ml darah selama menstruasi, meksipun beberapa wanita mengalami pendarahan lebih banyak dari ini.

Kehamilan setelah periode menstruasi?

Penelitian menunjukkan bahwa kecil kemungkinan akan hamil tepat setelah menstruasi pasalnya telur tak dilepaskan selama fase pasca-mesntruasi atau pra-ovulasi.

Namu, peluang moms untuk hamil tidak nol. Sperma bisa hidup hingga tujuh  hari dalam lendir serviks setelah moms berhubungan seks.

Itu berarti sperma bisa bertahan selama beberapa hari sampai tubuh moms melepaskan sel telur selama ovulasi.

Terutama jika mom memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek secara alami sekitar 21 hari, atau ovulasi terjadi lebih awal dari biasanya.

Ya, sperma bisa membuahi sel telur selama 72 jam (tiga hari) setelah ejakulasi.

"Satu studi menunjukkan bahwa orang yang berhubungan seks hanya satu kali selama fase ini masih bisa hamil," kata Steven R. Bayer, MD, ahli endokrinologi reproduksi yang berbasis di Boston.

Jadi, kemungkinan hamil setelah periode mentruasi tergantung pada seberapa panjang siklus menstruasi dan berapa lama periode berlangsung

Jika periode mentruasi lama, wanita mungkin hanya memiliki beberapa hari tersisa setelah periode berakhir sebelum hari-hari subur dimulai.

Ovulasi atau jendela subur

Peluang seorang wanita untuk hamil paling tinggi pada saat ovulasi, tepatnya satu atau dua hari ovulasi. Ovulasi terjadi ketika sel telur dari salah satu dari dua indung telur wanita dilepaskan.

Biasanya terjadi 12 sampai 14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi berikutnya. Ini seringkali disebut sebagai jendela subur. Berhubungan seks selamai ini memberik kamu peluang untuk hamil.

"Biasanya, dalam siklus 28 hari, seorang wanita akan berovulasi sekitar 14 hari setelah hari pertama menstruasiny," kaya OB-GYN Lauren Sundheimer, MD, MS, FACOG,

Setelah dilepaskan dari ovarium, sel telur akan diambil du tuba falopi, di mana ia akan tinggal selala sekitar 25 jam.

Kehamilan terjadi ketika sprema pra membuahi sel telur selama waktu ini dan sel telur yang telah dibuahi, sekarang disebut embrio, bergerak melalui tuba falopi dan berhasil ditanamkan di dalam tahim.

Jika sprema tak membuahinya, sekitar 12 hingga 16 hari kemudian, sel telur bergerak ke rahim dan pecah, menghasilkan menstruasi.

Cara melacak ovulasi

Ovulasi bisa dilacak dengan kalkulator ovulasi, alat prediksi ovulasi atau melalui aplikasi seluler yang bisa melacak periode mentruasi seseorang.

Memantau perubahan lendiri vagina juga bisa membantu. Cara terbaik adalah menggunakan kombinasi metode ini untuk mendapatkan hasi yang akurat.

Siklus (hari) Tahap Kesuburan
1-7 Mentruasi Tahap paling tidak subur
8-9 Pasca-menstruasi/pra ovulasi Mungkin untuk hamil
10-14 Hari-hari ovulasi Paling subur
15-16 Pasca ovulasi Mungkin untuk hamil
17-28 Penebalan lapisan rahim Kurang subur, kecl kemungkinan mungkin untuk hamil

Ingat, peluang hamil paling besar memang  terjadi saat ovulasi, namun jika seorang berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi, kamu bisa hamil kapan saja selama siklus menstruasi, bahkan selama atau setelah periode tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan