Menu

Moms Jangan Biarkan Anak Dicium Sembarangan, Hati-hati Bisa Tularkan Penyakit Herpes

17 Maret 2022 18:25 WIB

Illustrasi anak terkena herpes sehabis dicium orang lain (Foto: News.com)

HerStory, Tangerang —

Seorang ibu Australia telah membagikan foto memilukan dari bayi perempuannya yang penuh lecet sebagai peringatan mengapa moms nggak boleh mencium wajah anak kecil.

Leah Green mengatakan ketika putrinya berusia 21 bulan dia dicium oleh orang dewasa di bibir, "menstransfer virus sakit dingin yang menghebohkan."

Balita itu mendapatkan dua bintik kecil di bibirnya dan kemudian mengalami peningkatan suhu 39. Leah mengatakan dalam beberapa jam bintik-bintik menyebar di wajahnya dengan bintik-bintik putih kemudian terbentuk di mulut.

Dia mengatakan bintik-bintik itu telah menutupi bagian dalam mulutnya dan telah berubah menjadi "benda seperti nanah yang mengerikan" yang terutama di belakang giginya

Leah membagikan beberapa foto lepuh putrinya yang mengerikan dan menyakitkan melalui halaman Instagram Tiny Hearts Education, sebagai peringatan bagi orang-orang untuk nggak mencium bayi dan anak kecil.

Satu foto menunjukkan putrinya menangis dengan Leah menjelaskan bahwa sentuhan sekecil apa pun akan membuat bintik-bintik itu berdarah dan dia akan berteriak kesakitan.

"Ini berarti dia nggak bisa makan atau minum yang mengakibatkan penurunan berat badan dan dehidrasi," jelas Leah.

"Dia benar-benar sengsara den menempel di pinggul saya selama empat hari berturut-turut. Hanya mencoba untuk menurunkannya membuatnya berteriak." Leah mengunjungi seorang dokter yang telah memberikan putrinya krim untuk bintik-bintik di bibirnya.

"Sepanjang waktu hanya Panadol yang membantu. Menjadi orang tua pertama kali dan melihat anak anda kesakitan sangat mengerikan," katanya.

Ia menambahkan, "Itu adalah tiga minggu yang sangat panjang jadi saya harap saya dapat membantu orang-orang dengan menyebarkan kesadaran."

"Tolong tolong tolong JANGAN cium atau biarkan siapa pun mencium bayi anda. tidak peduli siapa mereka atau apakah anda pikir mereka akan tersinggung, Sakiti perasaan meraka dan jaga keselamatan bayi anda."

Postingan Leah telah di sukai hampir 20.000 kali dengan ratusan orang berbagi pengalaman serupa.

"Sangat mengerikan. Keponakan saya dirawat di rumah sakit dengan ini ketika dia masih bayi, ini bisa sangat serius!" tulis seorang wanita.

"Anak laki-laki saya mendapatkan ini pada usia yang sama kami pikir itu dari tempat penitipan anak. Itu menghebohkan dan sekarang setiap kali dia lari, dia terkena flu. Syukurlah tidak pernah seseram waktu itu," kata yang lain.

"Semua orang di sekitar kita sangat menyadari bagaimana perasaan saya tentang berciuman, tetapi sejujurnya sulit untuk menetapkan ini pada awalnya karena saya selalu menjadi orang yang menyenangkan." tulis wanita itu.

"Pada akhirnya saya hanya harus melupakannya untuk melindungi bayi saya. Saya benar-benar merasa untuk orang tua dan balita! Pasti sangat mengerikan."

HVS-1, cold sore atau virus herpes, dapat dengan mudah ditularkan ke bayi dan balita melalui sesuatu yang sederhana seperti ciuman dan dapat berakibat fatal.

Herpes sangat berbahaya bagi bayi di bawah enam bulan dan bayi baru lahir karena sistem kekebalannya masih berkembang.

Lihat Sumber Artikel di Viva

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.