Menu

5 Kebiasaan Tidur yang Menunjukkan Gangguan Kesehatan, Bisa Dicek dengan Fitur Samsung Galaxy Watch4 Ini Beauty! Cuss Dicoba

21 Maret 2022 13:25 WIB

Samsung Galaxy Watch 4. (Samsung)

HerStory, Jakarta —

Pola tidur yang enggak baik rupanya bisa menunjukkan tanda-tanda soal kondisi kesehatan tubuh, lho! Salah satunya ialah kalau kita sering bangun tidur dalam kondisi lelah, bukannya segar, kemungkinan besar kita mengalami sleep apnea alias henti napas saat tidur. 

Nah, apa saja sih kebiasaan tidur yang bisa jadi gambaran untuk kondisi kesehatan tubuh?

1. Kelelahan Saat Bangun Tidur: Perbaiki Pola Makan

Masih merasa lelah meski baru bangun tidur? Steven R.Olmos, selaku pakar tidur menyarankan kita harus kembali melihat apa saja yang kita makan sebelum tidur. 

"Mengonsumsi makanan rendah serat namun tinggi lemak jenuh dan kandungan gula juga akan membuat kita sering terbangun saat tidur, ini mengakibatkan kita kelelahan saat terbangun," paparnya.

2. Susah Tidur: Bangkit, Lakukan Hal Lain

Meski dirasa tidak produktif, beranjak dari tempat tidur dan melakukan sesuatu demi membuat mata lelah adalah bentuk solusi jika kamu kesulitan tidur. Hal yang dapat dilakukan antara lain membaca atau mendengarkan musik. 

3. Tidur 8 Jam Masih Terasa Kurang: Fokus 

Orang yang sudah menginjak usia dewasa memang disarankan untuk tidur di antara pukul tujuh hingga sembilan malam. Hal ini dimaksudkan untuk kualitas tidur yang baik. 

4. Sering Bangun untuk Buang Air Kecil

Kalau kamu merasa sering terbangun untuk buang air kecil meski tak banyak minum sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter. Kondisi ini juga bisa disebabkan sebagai tanda-tanda penyakit diabetes. 

"Mungkin ini tanda-tanda diabetes atau kemungkinan pembesaran prostat," tambahnya.

5. Mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu masalah pernapasan yang terkait dengan tidur. Apalagi jika kebiasaan mendengkur ini membuat kita sering mengantuk di siang hari, tenggorokan sakit atau kering. Masalah ini juga mengakibatkan sakit kepala, depresi dan masalah ingatan. Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk berkonsultasi pada dokter sebelum kondisinya semakin memburuk.

Nah, kalau kamu mau punya kualitas tidur yang baik tapi enggan merepotkan orang lain, sebenarnya ada teknologi yang bisa bantu kamu, lho! Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik yang ada di Galaxy Watch4.

Galaxy Watch4 ini memiliki fitur yang mampu untuk membantu kebiasaan tidur yang lebih baik. Dengan cara merekam pola tidur selama 7 hari, dijamin kualitas tidur akan lebih berkualitas.

Untuk diketahui, Beauty, fitur Sleep Analysis selalu diandalkan para pengguna seri Galaxy Watch dari waktu ke waktu, di mana penggunaannya mencapai lebih dari 800 juta kali tahun lalu. Fungsi andalan Sleep Analysis seperti data pola bernapas, pola dengkuran, hingga kadar oksigen saat tidur, membantu menilai seberapa baik kualitas tidur kamu.

Dari data itu, kamu bisa mendapatkan insights berharga yang memudahkan kamu untuk menciptakan tidur yang semakin nyenyak, cukup, dan teratur.

Namun, di Galaxy Watch4, fitur andalan ini sudah di-upgrade dengan banyak fitur terobosan terbaru yang tentunya lebih beragam dan menarik. Selain fitur Sleep Analysis, Galaxy Watch4 hadir dengan fitur penunjang istirahat terbaru, yaitu Sleep Coaching yang akan membantu kamu menjalankan kebiasaan tidur yang lebih baik.

Sleep Coach akan melacak pola tidur kamu selama 7 hari sehingga Sleep Symbol Animals dapat diberikan kepada profil tidurmu, berupa satu dari delapan icon binatang yang masing-masing menandakan pola tidur kamu. Contohnya, Lion menandakan kualitas tidur baik sehingga bangun pagi menjadi lebih semangat, atau Penguin yang menandakan bahwa kualitas tidur kurang nyenyak yang menghasilkan perasaan grogi saat bangun.

1. Sleep Coaching: On Board

Pada fitur ini, Galaxy Watch4 akan melatihmu untuk membentuk kebiasaan tidur demi meningkatkan kualitas tidur yang lebih  baik. Nantinya, akan digunakan juga sebagai data dan survei pola tidur pribadimu. 

2. Sleep Coaching: Find your Sleep Symbol

Bermula merekam pola tidurmu selama 7 hari, kemudian kamu akan dicocokan dengan 'Sleep Symbol Animal' atau simbol tidur yang paling cocok dengan pola tidurmu. 

Kemudian, program ini akan dikembangkan selama satu bulan dan akan membantu untuk perubahan pola tidur yang dibutuhkan sesuai dengan tubuhmu. 

3. Sleep Coaching: In Progress

Selama mengikuti program, kamu akan mendapatkan misi harian yang mendukung seperti melakukan olahraga, meditasi, dan menghindari tidur siang. Setiap harinya, proses tersebut akan dicatat dengan harapan ada kemajuan.

4. Sleep Coaching: Results & Follow-through

Apabila kamu sudah menyelesaikan program tersebut, akan ada laporan untuk menunjukan rangkuman sebagai hasil misi yang sudah kamu lalui hari demi hari. 

Menarik bukan? Galaxy Watch4 ini memang dibutuhkan untuk kamu yang ingin menciptakan pola tidur yang ideal tanpa harus merepotkan orang lain.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm. Hingga 31 Maret 2022, pembelian Galaxy Watch4 Classic di Samsung.com/id berkesempatan memperoleh cashback sebesar Rp200.000.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green;
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Watch4 Series, silahkan kunjungi www.samsung.com/id/offer/galaxy-watch-buds/.

Artikel Pilihan