Menu

Tingkatkan Hormon Kebahagiaan, 5 Kegiatan Ini Dipercaya Bisa Bikin Umur Panjang! Nomer 3 Gak Nyangka!

23 Maret 2022 12:05 WIB

Ilustrasi Wanita yang terlihat bahagia sembari berjemur di bawah matahari. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebenarnya, menurut sebuah studi, untuk meningkatkan peluang hidup dan panjang umur cukup hanya dengan berjalan di ruangan hijau selama sepuluh menit saja lho.

Selain berjalan-jalan, ada cara lain untuk meningkatkan peluang umur panjang yang bahkan hanya membutuhkan 10 menit setiap harinya. Apa saja?

1. Menari

Berdasarkan laporan The Sun, sebuah penelitian terhadap 5000 orang tua oleh National Institutes of Health, Maryland, menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik selama 10 menit sehari dapat mencegah 11.174 kematian setahun.

"Menari memberikan banyak manfaat kesehatan karena itu adalah tugas yang sangat kompleks bagi otak. Musik juga meningkatkan bahan kimia otak yang membuat kita merasa baik. Ini adalah kebiasaan sehat yang sangat menguntungkan," jelas ahli saraf dan pendiri Neuron Wellness, Julia Jones.

2. Tidur siang atau power nap

Sebuah penelitian dari Yunani terhadap lebih dari 23.000 orang menunjukkan bahwa tidur siang sesekali memiliki rasio kematian akibat jantung koroner 12 persen lebih rendah.

Durasi tidur siang yang sempurna adalah antara 10 hingga 20 menit dan dilakukan sebelum waktu memasuki sore hari. Lebih lama dari durasi tersebut akan membuat pusing.

3. Mandi air dingin

Air dingin meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu tubuh untuk sembuh lebih cepat dan menjaga kesehatan jantung.

"Ini membantu meningkatkan respons stres bawaan dan kulit akan menjadi terasa nyaman setelahnya," sambung Jones.

4. Menyelesaikan teka-teki silang

Sebuah studi tahun 2019 oleh Exeter University dan King's College London menemukan melakukan permainan pikiran sehari-hari seperti Sudoku atau teka-teki silang dapat membuat otak lebih muda 10 tahun.

"Otak kita menyukai tugas-tugas kompleks yang baru. Begitulah cara membuat jalur saraf baru dan menjaga kemampuan kognitif kita tetap tinggi," papar Jones.

Selain itu, belajar bahasa dan alat musik juga dapat menyehatkan otak.

5. Berhubungan seks

Pasangan yang menikmati hubungan seks minimal dua kali seminggu cenderung memiliki jumlah antibodi Immunoglobin A (IgA) yang lebih tinggi.

Menurut penelitian oleh Wilkes University di Pennsylvania, IgA menangkal penyakit dan menjaga sistem kekebalan tetap kuat.

"Testosteron dan estrogen memiliki efek anti-inflamasi. Peradangan kronis mempercepat penuaan biologis, jadi seks membuat kita awet muda," tandas Jones.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan