Menu

Moms Kasih Tahu Pak Suami, Ini Cara Membersihkan Mr P Agar Tetap Sehat

24 Maret 2022 10:10 WIB

Ilustrasi organ kelamin pria (Himedik/Edited by HerStory)

HerStory, Tangerang —

Menjaga kesehatan Mr P dimulai dengan memastikan area kelamin bersih. Kebersihan area kelamin membuat risiko Mr P mengalami infeksi jamur, virus, atau bakteri akan berkurang.

Mr P yang jarang dibersikan akan membuatnya berbau tak sedap dan rawan mengalami infeksi. Karena itu, pengetahuan membersihkan Mr P sangat penting dimiliki lelaki.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini 5 tips membersihkan Mr P:

1. Wajib dibilas dengan air

Cuci Mr P cukup dengan air hangat dan sabun. Jika sudah disunat, yang harus dilakukan hanyalah membilas Mr P, sabuni, dan menggosoknya dengan lembut. Kemudian bilas hingga bersih di bawah air mengalir.

Sebenernya keputusan pakai sabun atau nggak adalah pilihan pribadi. Tapi jika ingin menggunakan sabun, pilih sabun yang ringan atau nggak berpewangi untuk mengurangi risiko iritasi kulit.

2. Bersikan testis dan rambut kemaluan

Jangan lupa untuk bersihkan area pangkal Mr P, termasuk testis dan rambut kemaluan. Dua lokasi ini menyimpan keringat dan minyak paling banyak yang bisa menjadi biang keladi bau tak menyengat di area selangkangan. Maka itu, daerah ini perlu sering-sering dicuci. Terlebih selangkangan sering tertutupi oleh pakaian dalam hampir sepanjang hari.

Pastikan daerah antara pangkal testis dan anus juga bersih dan bebas bau. Mungkin perlu mengangkat dan mengutak-atik posisi Mr P demi membersihkan lokasi yang sulit untuk dicapai. Yang penting, selalu hati-hati dalam menangani area sensitif.

3. Keringkan dengan sempurna

Setelah selesai membersihkan Mr P, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik dan menyeluruh. Tapi jangan taburkan bedak atau seprotkan deodoran di area sensitif. Ini akan menyebabkan iritasi kulit.

4. Jangan salah pilih celana dalam

Ada banyak jenis celana dalam pria. Pilih celana daam yang berbahan katun untuk digunakan sehari-hari. Namun jangan gunakan celana yang terlalu ketat. Pilihlah jenis celana dalam yang sesuai dengan ukuranmu. Celana dalam yang terlalu ketat hanya akan meningkatkan suhu di sekitar testis. Peningkatan suhu testis akan berpengaruh pada produksi sperma.

Ketika berolahraga ada baiknya jangan pakai celana dalam yang ketat, pilihlah yang sudah di desain khusus untuk berolahraga, dengan bahan yang nyaman  dan cenderung menjaga are intim tetap lembab.

Selain itu, akan lebih baik untuk kesehatan Mr P jika tidur tanpa celana dalam. Ini karena saat mengenakan pakaian dalam, testis dan Mr P bisa bergesekan pada tubuh dan pakaian, dan membuatnya berkeringat. Cara ini juga bisa bantu cegah infeksi.

5. Bersihkan Mr P sebelum dan sesudah bercinta

Sebenarnya membersihkan Mr P cukup satu kali sehari. Tapi ketika  berencana untuk berhubungan seks, sebaiknya cuci dulu Mr P sebelum naik ke ranjang. Tak hanya memberikan pengalaman seks yang lebih baik untuk pasangan, juga lebih sehat dan bersih.

Membersihkan Mr P setelah seks juga tak kalah pentingnya. Ini dilakukan untuk membilas bersih segala cairan tubuh yang mungkin menempel di Mr P. Kerak cairan dan kotoran ini akan menjadi rumah yang idela bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal yang sama juga berlaku untuk setelah masturbasi.

Jadi, jangan cuma mengelap Mr P dengan tisu setelah seks. Selalu bilas dengan air hangat dan sabun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Mr P.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan