Menu

Hijabers Mari Kumpul! Begini Lho Cara Pilih Bahan Jilbab Anti Kusut dan Gerah, Catat Baik-baik Ya!

28 Maret 2022 09:55 WIB

Ilustrasi berhijab. (Umma/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hijab adalah salah satu kewajiban bagi wanita muslim yang kini juga mulai merambah jadi bagian dari fashion. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih bahan hijab demi kenyamanan menjalani aktivitas sehari-hari. Beragam bahan pun sudah banyak digunakan diantaranya voal, satin, ceruti, corn skin, dan lain-lain.

Pemilihan hijab bisa dibilang lumayan tricky. Kamu tentu menginginkan hijab yang mudah dibentuk, anti kusut, dan tak membuat gerah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui karakteristik tiap bahan hijab.

Dilansir dari laman VOI, berikut 5 tips memilih hijab yang bisa kamu terapkan.

Tak Mudah Kusut

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah memilih bahan yang tak mudah kusut. Kerutan memang bisa kamu hindari dengan menyetrika hijab sebelum kamu pakai. Namun, jika bahan yang kamu pilih salah, hijab akan cepat kusut, apalagi kalau dipakai seharian.

Voal atau satin merupakan bahan yang tepat untuk hijab supaya mudah disetrika dan tak cepat kusut.

Tak Panas

Iklim tropis di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna hijab. Oleh karena itu, penting memilih bahan hijab yang tak panas sehingga keringat di kepala tak akan diproduksi berlebih.

Cobalah untuk memilih hijab dengan serat kain yang besar, terlebih jika kamu menggunakan hijab multilayer. Hijab yang berbahan panas juga bisa membuat timbulnya ketombe karena membuat rambut cepat lepek.

Tak Mudah Pudar

Warna yang pudar menjadi salah satu hal menyebalkan pada hijab, tak hanya membuat hijab terlihat lebih kusam, jga juga bisa memberi noda pada pakaian lainnya saat hijab dicuci.

Sebagai pencegahan, cobalah untuk memisahkan hijab berwarna terang dengan pakaian atau hijab berwarna putih saat mencuci.

Tak Licin

Ini juga termasuk tips memilih bahan hijab yang penting. Menggunakan hijab berbahan licin memang sedikit menyebalkan. Hijab akan lebih susah diatur atau lebih parahnya lagi melorot saat dipakai.

Untuk menghindarinya, kamu juga bisa menggunakan dalaman hijab atau ninja. Ini supaya hijab tersebut tak bersentuhan langsung dengan rambut yang dapat membuatnya lebih cepat melorot.

Tak Menghalangi Pendengaran

Pada beberapa jenis hijab, khususnya yang berbahan tebal, pendengaranmu mungkin akan sedikit terganggu karena tertutup kainnya.

Oleh karena itu, pilihlah bahan hijab yang seratnya tak terlalu rapat dan tebal. Selain memudahkan dalam berkomunikasi, hijab jenis ini juga tak membuat kepala terasa berat.

Itulah beberapa tips memilih bahan hijab yang bisa jadi pertimbangan. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.