Menu

5 Tips Menyimpan Makanan Selama Bulan Ramadan Agar Lebih Tahan Lama

28 Maret 2022 14:25 WIB

Ilustrasi menyimpan makanan di freezer (Shutterstock/Lightfield Studios)

HerStory, Bandung —

Memasuki bulan Ramadhan, biasanya Moms akan menyimpan beberapa bahan makanan untuk diolah menjadi olahan buka puasa dan sahur. Nah, tetapi tentu beberapa diantaranya tidak memiliki ketahanan yang lama.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk dapat menjaga ketahanan makanan selama bulan Ramadhan, dilansir dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

1. Produk Daging

Pastikan selalu membeli daging segar dalam jumlah wajar. Jika ingin menyimpan daging dalam waktu lama, lebih baik pilih produk daging beku.

Daging sapi mentah disimpan baiknya 3 sampai 5 hari dalam kulkas. Sedangkan, Ppoduk daging giling, ayam mentah, jeroan dan sosis sebaiknya simpan hanya 1 sampai 2 hari dalam kulkas.

2. Buah-buahan

Buah mengandung kaya nutrisi dan baik dikonsumsi saat berpuasa Ramadhan. Nah, bagi yang ingin menyimpan buah dalam waktu lama, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Beberapa jenis buah ada yang baik dimasukkan ke dalam kulkas, sementara apel dan pir bisa disimpan di suhu kamar terlebih dulu lalu pindahkan ke kulkas saat sudah matang. Apel bisa disimpan selama 4 sampai 6 minggu, blackberry hanya 10 hari, jeruk 1 sampai 3 minggu, dan nanas hanya 5 sampai 7 hari.

3. Sayuran

Sebelum memasukkan sayuran ke dalam kulkas, pastikan dulu sayuran tidak dalam keadaan rusak. Pisahkan jamur dengan sayuran hijau, dan periksa paprika, terong, tomat dan timun untuk memastikan bebas dari busuk.

Kacang hijau, kacang polong, brokoli, kembang kol bisa disimpan 3 - 5 hari, wortel bisa 2 sampai 3 minggu, seledri 1 sampai 2 minggu, jagung 1 sampai 2 hari, timun 4 sampai 6 hari, terong 4 sampai 7 hari, jamur 3 sampai 7 hari, dan paprika 4 sampai 14 hari

4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu bisa bertahan dengan kisaran waktu yang beragam mulai dari hari, mingguan hingga bulanan. Misalnya, margarin sampai 6 bulan, mentega 1 sampai 3 bulan, susu 1 minggu, yogurt 7 sampai 14 hari, dan krim kocok dalam kaleng semprot bisa bertahan 3 sampai 4 minggu

5. Telur

Telur menjadi salah satu bahan pokok paling dibutuhkan selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri. Telur mentah dalam cangkang biasanya bisa bertahan 3 sampai 5 minggu, telur rebus hanya 7 hari, dan telur mentah tanpa cangkang hanya 2 sampai 4 hari.

Itulah beberapa cara dan durasi untuk menyimpan makanan agar tetap segar.