Menu

Sebentar Lagi Bulan Puasa, Ternyata ini 6 Takjil yang Sering Diburu, Kamu Sudah Pernah Coba yang Mana?

30 Maret 2022 13:55 WIB

Pedagang melayani pembeli di Pasar Takjil Ramadhan Lhokseumawe, Aceh, Jumat (16/4/2021). (ANTARA FOTO/Rahmad/aww)

HerStory, Jakarta —

Menyiapkan takjil di bulan puasa adalah aktivitas yang sangat menyenangkan sambil menanti berbuka. Takjil yang biasanya dibeli pun banyak dan bermacam-macam.

Masing-masing daerah di Indonesia pun memiliki menu khas berbukanya sendiri-sendiri, tak terkecuali Medan.

Rempah-rempah yang kuat menjadi salah satu senjata dari salah satu kota di Sumatera ini!

Tertarik untuk mencicipi menu buka puasa khas Medan? Yuk simak 6 rekomendasi makanan buka puasa khas Medan berikut!

1. Mie Gomak

Bagi kamu penggemar mie, mi gomak tentu bisa menjadi menu buka puasa yang sempurna. Dulunya, mie gomak disajikan dengan menggunakan tangan, inilah dari mana kata gomak itu berasal.

Mie nya yang lembut dan kenyal membuat mie gomak menjadi favorit semua kalangan.

2. Pakat

Pakat merupakan salah satu makanan khas Medan yang hanya bisa ditemui selama bulan Ramadhan. Makanan satu ini terbuat dari dasar rotan yang dibakar di atas tungku selama kurang lebih 1 jam.

Setelah itu, rotan dikupas, diambil isinya dan disantap dengan kuah santan yang gurih dan nikmat. Tak heran jika pakat menjadi makanan buka puasa khas Medan yang diburu.

3. Bubur Pedas

Salah satu hal yang membedakan bubur pedas dengan bubur lainnya adalah pengolahannya yang menggunakan bermacam rempah. Tak heran jika rasa bubur pedas pun lebih pekat dari bubur biasanya.

Di bulan Ramadhan, bubur pekat biasa dibagikan secara gratis sebagai takjil di wilayah Masjid Raya Al Mashun.

4. Toge Panyabungan

Eits, jangan terkecoh dengan namanya yang berasal dari sayuran ya! Toge Panyabungan merupakan minuman dari tape pulut, candil, lupis, cendol, dan pulut hitam yang disajikan dengan kuah santan gula aren.

Rasanya yang manis, gurih, dicampur dengan es batu sangat cocok untuk pelepas dahaga di bulan puasa.

5. Teri Medan

Menu buka puasa khas Medan selanjutnya adalah teri Medan. Kombinasi rasa sin dan pedas makanan satu ini berasal dari bumbu yang digunakan.

Teri medan cocok dipadukan dengan hampir semua jenis makanan, mulai dari bubur hingga nasi. Selain sebagai lauk, teri Medan juga biasa disantap sebagai camilan.

6. Lemang Pulut

Lemang pulut merupakan kuliner khas Medan yang terbuat dari ketan putih yang dibumbui dengan santan dan dimasak dengan bambu yang telah dilapisi daun pisang. Menu buka puasa satu ini dimasak dengan bara api hingga dari baunya pun sudah menggugah selera.

Lemang pulut biasa disantap dengan kuah durian Medan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan