Menu

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan Baru Menikah, Kamu Pernah Lakuin yang Mana?

31 Maret 2022 19:40 WIB

Ilustrasi pengantin baru (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk pasangan yang baru menikah. Gak selamanya masa-masa awal pernikahan hanya diisi hal indah dan romantis saja.

Adakalanya pasangan yang baru menikah juga melakukan kesalahan. Apa saja kesalahan kecil yang ternyata berdampak besar bagi pernikahan? Mari kita simak ulasan lebih lanjutnya mengenai kesalahan pasangan baru menikah.

1. Terlalu sering menghabiskan waktu bersama pasangan

Lho, apa salahnya menghabiskan waktu dengan pasangan. Apalagi kamu baru saja menjadi suami istri? Memang, menghabiskan waktu berdua itu wajar. Hal yang menjadi keliru, apabila kamu melakukannya sudah sangat berlebihan sampai mengabaikan waktu dengan keluarga atau teman.

Kenapa hal ini bisa berdampak besar pada pernikahan? Berlebihan menghabiskan waktu berdua dengan pasangan dapat mendorong rasa jenuh dalam rumah tangga. Kebosanan itu akan mendorong berbagai permasalahan lain, misalnya jadi gampang bertengkar.

Kesalahan lainnya yang kerap terjadi pada pasangan baru menikah, yakni kurang bisa menoleransi kekurangan pasangan. Ketika sudah tinggap seatap tentu kamu akan menemukan kebiasaan-kebiasaan yang mungkin baru kamu tahu, dan itu gak sreg.

Sebagai contoh, kebiasaan pasangan menaruh handuk sembarangan, atau lupa mengembalikan tutup toilet ke posisi semula, dan kebiasaan remeh lain. Jika kamu kurang toleran, maka permasalahan kecil ini saja sudah bisa memicu pertengkaran.

3. Berharap hubungan akan senantiasa romantis

Mau pasangan baru atau lama, masalah dalam hubungan itu akan selalu ada. Untuk itulah, sebelum menikah harusnya kamu sudah siap mental kalau ruman tangga kalian nantinya pasti juga mengalami masa naik turun, dan itu wajar.

Kamu akan kaget dan sulit menyikapi dengan tepat ketika konflik terjadi apabila sebelumnya memiliki ekspektasi kalau hubungan kalian akan senantiasa romantis. Hal itu gak mungkin terjadi, lho!

4. Berharap pasangan langsung bisa mengubah kebiasaannya saat itu juga

Kebiasaan bertahun-tahun itu gak bisa akan berubah hanya dalam sekejap. Dibutuhkan konsistensi supaya bisa menghilangkan kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

Maka dari itu, jangan menuntut pasangan langsung bisa mengubah kebiasaan buruknya. Sabarlah, dan beri waktu. Setidaknya dia memiliki iktikad baik untuk mau berubah. Terlalu cerewet dan terus memaksanya bikin pernikahan kalian yang masih seumur jagung itu jadi petaka.

Dengan uraian tadi semoga dapat memberimu gambaran kesalahan apa saja yang biasa dilakukan oleh pasangan baru menikah. Sehingga, di kemudian hari gak kamu lakukan!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya